Tim Paslon Minta DPS Dicek Ulang

Komisioner KPU saat rapat bersama LO Paslon Cabup dan Cawabup.

MALANGVOICE – Tim masing-masing pasangan Calin Bupati dan Wakil Bupati, meminta KPU agar mengecek ulang adanya pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Wakil Ketua Tim Pemenangan Paslon nomor 2, Bambang Siswanto, meminta penyelenggara lebih mencermati dan mendeteksi kembali adanya pemilih ganda.

“Kehadiran kami lebih memberi masukan supaya lebih teliti dan dicek lebih lanjut,” katanya usai rapat bersama KPU, Selasa (29/9) sore.

BNN Kota Malang

Data yang diserahkan oleh tim Paslon nomor 2, menemukan adanya kecamatan yang tingkat pemilih gandanya mendekati angka 5000. Jika hal ini dibiarkan, otomatis potensi kecurangan sangat besar.

“Kami sudah serahkan semua berkas dan bukti-buktinya ke KPU, tinggal nunggu langkah selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU, Sofi Rahma Dewi, mengakui, sudah berkirim adanya laporan ini ke setiap panitia kecamatan. Agar supaya dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Menurutnya, selama ini pihaknya juga sudah mencoret data pemilih ganda. Tidak menutup kemungkinan, pasca DPT ditetapkan akan ada pencoretan data pemilih ganda.”Jika masih ditemukan pemilih ganda, kami akan coret. Namun, tidak berpengaruh pada DPT,” ungkapnya kepada MVoice.

Hari ini (Selasa,Red) sampai Rabu (30/9) besok, proses penetapan DPT ditingkat kecamatan.”Baru diketahui berapa pemilih ganda yang dicoret pasca penetapan ditingkat kabupaten,” urainya.

Disinggung soal temuan Tim Monitoring PDIP, terkait 16 warga terancam hilang hak pilihnya, ia menyebut belum melakukan pengeceka langsung.”Kami sudah koordinasi dengan panitia kecamatan, belum bisa dipastikan kebenarannya,” tandasnya.