Tiga Manfaat Lontar untuk Tubuh

Buah lontar atau siwalan. (ist)
Buah lontar atau siwalan. (ist)

MALANGVOICE – Pernah mencoba buah Lontar? Buah bernama latin Borassus flabellifer ini bentuknya mirip kolang-kaling, sedikit lebih besar dan empuk.

Di Indonesia, buah lontar banyak tumbuh di bagian timur Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sama seperti buah-buah pada umumnya, lontar atau siwalan juga mengandung segudang manfaat bagi tubuh. Di dalamnya mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, fosfor, seng, hingga vitamin A, B, dan C.

BNN Kota Malang

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah lontar.

1. Mencegah Dehidrasi

Buah lontar ini dinikai kaya akan air. Bahkan, kandungan air dalam lontar mencapai 90 persen. Air tentunya baik untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Nah, guna mencegahnya Anda dapat rutin mengonsumsi lontar mulai sekarang.

2. Menghilangkan Stres

Selain menghidrasi manfaat lontar yakni dapat menghilangkan stres. Lantaran, sensasi segar yang dihasilkan lontar mampu mempengaruhi suasana hati atau mood jadi lebih baik. Sebab, lontar mengandung vitamin C.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, vitamin C efektif dalam meningkatkan suasana hati.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam lontar tak hanya mampu menghilangkan stres. Tapi juga menjaga kesehatan kulit.

Seperti mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini, hingga membuat wajah glowing.

Menurut studi, kandungan vitamin C yang ada di dalam lontar memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh radikal bebas. (Der/Ulm)