05 February 2023
05 February 2023
21.6 C
Malang
ad space

Tiga Kepala Daerah Malang Raya Sinergi dalam Pembangunan Daerah

MALANGVOICE – Sebanyak tiga kepala daerah di Malang Raya bersinergi dalam kebijakan dan pembangunan daerah.

Plt Wali Kota Malang, Sutiaji, Bupati Malang, Rendra Kresna, serta Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sepakat menguatkan koordinasi dan komunikasi bersama dalam semangat Malang Raya.

“Kami akan bangun tradisi bersama, dalam satu forum yang menghadirkan masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar ada konektivitas dan sinergitas program,” ujar Sutiaji.

Menindaklanjuti itu dilakukan pertemuan Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajaran asisten daerah Malang Raya, di ruang rapat Tumapel Pemerintah Kota Malang (7/8).

“Ini rapat menindaklanjuti inisiasi dan komitmen dari tiga kepala daerah. Merumuskan teknis kegiatan, topik maupun siapa saja yang terlibat di dalamnya. Yang utama, kami sepakat maju bersama, karenanya tajuk yang kita sepakati ke depan adalah Malang Raya Maju Bersama,” tambahnya.

Ada lima poin kesepakatan yang tertuang dalam berita acara, yakni sepakat merealisasikan rencana pertemuan kepala daerah se Malang Raya dan melakukan langkah-langkah teknis persiapan kegiatan yang dibutuhkan.

Kedua, Kota Malang menjadi tuan rumah pertemuan yang akan direncanakan pada 27 Agustus atau waktu lain yang disepakati bersama.

Ketiga, pertemuan ditujukan untuk menyinergikan komitmen kebijakan Malang Raya yang akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman.

Keempat, sebagai tindak lanjut secara simultan akan disusun roadmap kerja sama, didahului proses inventarisasi permasalahan prioritas. Terakhir, hasil rapat dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur dengan tembusan Kepala Bakorwil dan kepala daerah se Malang Raya.

Sementara itu, Sekda Kota Malang, Wasto, mengatakan, untuk menguatkan komitmen dan kontinyuitas kebijakan akan mendorong masing-masing OPD antar Malang Raya secara pro aktif menggelar komunikasi dan pertemuan teknis.

“Banyak garapan yang bisa dilakukan bersama. Seperti bidang pariwisata, pengolahan sampah, pengembangan kawasan produktif bersama, dan sektor sektor lainnya. Pastinya momentum ini akan kami kawal bersama, agar Malang Raya tidak hanya berhenti pada tataran konsep, namun benar benar teraktualisasikan,” tegas Wasto.(Der/Aka)

Berita Terkini

Arikel Terkait