Tetap Sehat dan Mengenyangkan, Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi

Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)
Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)
Article top ad

MALANGVOICE – Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, selain mengenyangkan juga dikenal sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi biasanya dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya.

Namun, perlu diketahui mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti kegemukan hingga diabetes.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi. Tapi tak perlu khawatir, melansir dari berbagai sumber berikut MVoice merangkum beberapa makanan pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi.

1. Kale

Kale termasuk jenis sayuran sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan, karena menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Kale diketahui kaya dengan serat, vitamin C dan K, serta antioksidan karoten. Sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram kale mengandung 10 gram karbohidrat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang mengandung tinggi serat, vitamin C, folat, vitamin K, dan antioksidan karoten. Dibandingkan sayuran lainnya, asparagus memiliki kandungan protein yang tertinggi. Perlu diketahui, dalam 100 gram asparagus terdapat 2 gram karbohidrat.

3. Shirataki

Selanjutnya, shirataki juga mulai populer sebagai pengganti nasi yang rendah kalori. Shirataki berasal dari Jepang yang disebut juga ‘white waterfall’.

Terbuat dari akar konjac, banyak orang Asia yang kini mulai beralih ke shirataki. Sebab selain rendah lemak, juga mengandung banyak serat yang disebut glucomannan.

4. Daging

Selain sayur, makanan pengganti nasi berikutnya yakni daging sapi dan domba. Sebab daging sapi dapat membuat Anda kenyang dan kaya dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Kemudian, domba juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Domba cenderung tinggi dalam fatty acid conjugated linoleic acid (ACL). Daging sapi maupun domba tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu yakni ayam. Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan solusi yang tepat.

5. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Sebab salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.(Hmz/Aka)