Kota Malang Memilih Pemimpin

Ternyata, Ada Peran ‘Kartini’ di Balik Bugarnya Stamina Wanedi

Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1, Ahmad Wanedi, makan bersama keluarga. (Istimewa)

MALANGVOICE – Sosok Kartini menginspirasi banyak perempuan Indonesia. Tak ketinggalan, Deminingsih yang merupakan istri Calon Wakil Wali Kota Malang, Ahmad Wanedi, mengambil peran Kartini masa kini.

Peran itu direalisasikan melalui hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, menjadi seorang istri yang baik, sekaligus ibu bagi dua buah hatinya.

Sosok Deminingsih menjadi salah satu faktor pendorong bugarnya stamina Wanedi di tengah padatnya aktivitas kampanye. Hal ini juga diakui Wanedi sendiri, dan dengan bangga disampaikan dalam beberapa kesempatan saat ada warga yang menanyakan rahasia kebugarannya.

“Saya tidak minum jamu aneh-aneh, tapi tetap karena masakan istri saya. Biasanya istri saya selalu masak pare, itu (menu sarapan) wajib setiap pagi,” papar Wanedi.

Dijelaskan, pare (nama lain momordica charantia) banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional di Brazil dan negara-negara kawasan Afrika. Bahkan di Indonesia sendiri biasanya dipakai untuk mengobati malaria.

“Itu pengobatan, jadi setiap pagi istri mengobati saya dulu sebelum kampanye,” ujarnya berkelakar.

Sementara itu, Deminingsih mengungkapkan bahwa pare adalah makanan kesukaan Wanedi sejak lama.

“Itu (pare) makanan kesukaan bapak, biasanya pagi wajib harus saya bikinkan. Jadi kalau ke pasar yang dicari pertama pasti pare,” tambahnya.

Manfaat buah pare sendiri memang tidak diragukan lagi. Dalam sejumlah penelitian, ekstrak dari pare dapat menghambat pertumbuhan parasit jahat dalam tubuh sebesar 50 persen.

“Kabarnya pare juga mampu mengatasi diabetes, membersihkan darah, menjaga daya tahan tubuh, menangkal kanker serviks, bahkan sebagai cara agar terlihat awet muda dan cantik,” imbuh Deminingsih. (Coi/Ery)