Kota Malang Bakal Punya Monorel?

Terkait Investasi Proyek Monorel, Wali Kota Klaim Dapat Dukungan Wapres

Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)
Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, menegaskan, rencana pembangunan monorel bukan isapan jempol belaka. Dia mengaku, telah menyampaikan rencana itu kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di sela kunjungan kerja Anton ke Jakarta beberapa hari lalu.

“Kami sampaikan salah satu inovasi Kota Malang mengurai kemacetan adalah pembangunan monorel. Kemarin disampaikan Pak Wapres,Jusuf Kalla, kalau ada inovasi pemerintah daerah dalam rangka investasi akan dibantu hingga 50 persen,” ungkapnya, Sabtu (4/2).

Kendati begitu, Anton tetap berharap, proyek pengadaan monorel ini bakal jadi investasi murni, tidak menggunakan anggaran negara, baik APBD maupun APBN. Sampai saat ini, lanjutnya, Pemkot terus menjajaki hubungan dengan calon investor.

“Kami tetap berhubungan dengan investor di Jakarta. Bahkan kami diundang ke Austria, diundang investor di sana untuk tindak lanjut monorel ini,” urainya.

Undangan itu, dalam rangka rapat bersama pembahasan lebih intens tentang monorel. Rencananya, pertemuan itu berlangsung April 2017 mendatang. Kata Anton, investor ingin memantapkan diri, dengan melihat langsung proyeksi yang direncanakan.

“Kami juga akan agendakan rapat dengan presiden untuk memantapkan pembangunan itu. Ini semata-mata untuk pemecahan masalah angkutan dan kemacetan di Kota Malang ini,” pungkasnya