Terima 7.000 Vaksin Covid-19, Jatah di Kabupaten Malang Kurang 1.340 Vial

Petugas saat menurunkan Vaksin. (Toski D).
Article top ad

MALANGVOICE – Vaksin Covid-19 akhirnya tiba di Kabupaten Malang, Senin (25/1) malam.

Vaksin tersebut dikirim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dengan pengawalan ketat dari jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jatim menuju kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang di Jalan Panji, Kepanjen.

“Kita (Dinkes Pemkab Malang, red) malam ini menerima droping vaksin, jumlahnya untuk tahap pertama ini sebanyak 7.000 vial vaksin,” ungkap Kepala Dinkes Pemkab Malang, Arbani Mukti Wibowo, saat dikonfirmasi, Senin (25/1).

Menurut Arbani, vaksin tersebut nantinya akan akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) terlebih dahulu. Nakes di Kabupaten Malang yang akan divaksin tahap pertama ada sebanyak 4.170 orang.

“Jumlah vaksin ini masih kurang 1.340 vial. Sebab, dari 4.170 nakes tersebut dijatah dua kali vaksin,” jelasnya.

Artinya, lanjut Arbani, untuk Nakes di Kabupaten Malang, total vaksin yang dibutuhkan sebanyak 8.340 vial.

“Untuk kekurangannya, nanti akan kita komunikasikan lagi dengan Pemprov. Kita sudah sediakan cold storage lagi untuk penyimpanannya,” jelasnya.

Untuk proses Vaksinasi sendiri, tambah Arbani, akan dilakukan pada Senin (1/2) mendatang, setelah pencanangan yang akan dilakukan pada hari Sabtu (30/1).

“Nanti akan didistribusikan ke faskes yang ada di Kabupaten Malang. Targetnya selesai selama sebulan,” tegasnya.

Di sisi lain, Kabag Ops Polres Malang, Kompol Hegy Renanta Koswara mengatakan, jajaran Polres Malang telah menyiapkan pengamanan dalam pendistribusian vaksin tersebut.

“Untuk pendistribusian nanti, kami telah menyiapkan kurang lebih 250 personel. Mereka akan terbagi di 33 kecamatan Kabupaten Malang. Untuk teknis pendistribusian vaksinnya sendiri nanti kita akan koordinasikan dengan Dinkes Kabupaten Malang,” tandasnya.(der)