Teknik Sipil Polinema Juarai lomba National Balsa Bridge Challenge 2020

Tim Teknik Sipil lomba National Balsa Bridge Challenge 2020. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Tim mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Polinema berhasil meraih Juara I pada lomba National Balsa Bridge Challenge 2020 yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil – Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tim yang terdiri dari mahasiswa semester 3 Prodi D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi, Muhammad Aly Kamil dan Khusnul Aldi Saputra, dibimbing oleh Drs. Armin Naibaho, ST., MT.

Perlombaan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Narotama, Politeknik Negeri Semarang, UNESA, dan Universitas Tunas Pembangunan.

“Pada lomba ini kami membuat prototipe jembatan dengan ketentuan kekuatan struktur mampu menahan sejumlah beban, memiliki nilai estetika, dan perancangan anggaran biaya yang efisien. Dari banyaknya proposal yang masuk, hanya 10 proposal yang terbaik masuk finalis dan tim kami memperoleh nilai tertinggi. Selanjutnya adalah presentasi proposal melalui zoom meeting dan pengujian pembebanan prototipe jembatan”, jelas Muhammad Aly Kamil.

Setalah melalui tahapan lomba, pada 28 November 2020 dilaksanakan pengumuman lomba, tim Arya Satya berhasil meraih Juara I menyisihkan tim dari UNESA dan Politeknik Negeri Semarang. Pada Jumat (11/12/2020) dilaksanakan penyerahan piala dari tim mahasiswa dan pembimbing kepada Ketua Jurusan Teknik Sipil di Ruang Ketua Jurusan Teknik Sipil Polinema.

Drs. Armin Naibaho, menyampaikan, tim dan pembimbing mempersiapkan lima alternatif model yang diuji kelemahan, kelebihan dan keunikan tiap model, dipilih satu yang terbaik dan unik.

“Saya merasa bersyukur karena tim bisa memberikan prestasi terbaik bagi Polinema di saat pandemi. Saya salut, tim ini sangat kreatif dan sigap meskipun bimbingan dilakukan secara virtual. Saya berharap, tim ini dapat ikut lomba jembatan tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Kemendikbud”, katanya.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Sumardi, ST., MT. menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa dan dosen pembimbing JTS Polinema yang berhasil meraih juara I Lomba Jembatan Tingkat Nasional.

“Saya sangat bersyukur atas prestasi ini, meskipun masih kondisi pandemi, para dosen Jurusan Teknik Sipil Polinema tetap bersemangat membimbing mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi di bidang teknik sipil agar menjadi SDM yang kompeten di bidangnya. Harapan saya mahasiswa JTS dapat berkiprah dan sukses di tingkat internasional”, kata Kajur Teknik Sipil.(der)