Tekan Penyebaran Covid-19, Masyarakat Tumpang Rutinkan Patroli Prokes

Relawan saat membagikan masker. (Toski D).
Article top ad

MALANGVOICE – Masyarakat Kecamatan Tumpang yang tergabung dalam Komunitas Vespa, Jeep, dan Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL), serta Juru Parkir (Jukir), dan Sopir angkutan umum menggelar patroli Protokol Kesehatan (Prokes) bagi masyarakat yang berkunjung di area terminal Wisata Tumpang.

Kegiatan yang bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, diakomodir Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dengan mendirikan Posko Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Posko tersebut, sebagai tempat berkumpulnya para relawan sebelum melakukan patroli untuk mendukung PPKM.

“Kegiatan patroli ini rutin kami lakukan dimasa pandemi Covid-19, mulai awal Bulan Januari 2021 lalau, tujuannya agar pengunjung pasar dan PKL bisa mematuhi protokol kesehatan yang sudah di anjurkan pemerintah,” ungkap Koordinator relawan M. Arifin, saat ditemui di Area terminal wisata, Tumpang, Sabtu (16/1).

Menurut Arifin, kegiatan patroli rutin tersebut, dilakukan untuk mensosialisasikan pencegahan Virus Covid-19 agar tidak menyebar di tempat ini.

“Kami hanya melakukan sosialisasi tentang pentingnya Prokes. Kalau tidak memakai masker, kami imbau pakai masker. Sedangkan yang tidak membawa masker, kami beri gratis,” jelasnya.

Selain melakukan sosialisasi, lanjut Arifin, para relawan juga melakukan penyemprotan disinfektan di angkutan umum maupun angkutan pedesaan guna mencegah virus Covid-19.

“Setiap angkutan yang berhenti di sini, kami lakukan penyemprotan disinfektan. Begitupula area lapak milik pedagang juga kami semprot disinfektan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Pemkab Malang, Hafi Lutfi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh seluruh komponen di Terminal Wisata Tumpang tersebut.

“Tentunya ini merupakan langkah bagus dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan melakukan sosialisasi, membagikan masker dan Penyemprotan Disinfektan, guna mendukung PPKM,” pungkasnya.

Sebagai informasi, para relawan PPKM tersebut merupakan binaan Dishub Pemkab Malang yang berkomitmen melakukan pencegahan Virus Covid-19.

Bahkan, Posko diarea Terminal Wisata tersebut telah dilengkapi Thermo Gun yang digunakan untuk mengecek suhu masyarakat yang berkunjung. Selain itu, juga telah disediakan lima tempat cuci tangan, hand sanitizer.(der)