Tata Kelola Bosnas Lalui Dua Tahap

Dhani Hamiddan Khoir

MALANGVOICE – Tata Kelola Dana Bantuan Operasional Sekolah Tingkat Nasional (Bosnas) melalui dua penilaian.
Ketua Tim Tata Kelola Dana BOS, Dhani Hamiddan Khoir, mengatakan pertama penilaian berupa kunjungan dari Dirjen SD Kemdikbud RI, dan kedua pemanggilan kepala sekolah ke Jakarta.
Sedangkan kehadirannya di SD Negeri Punten I adalah dalam tahap pertama seleksi. ”Jadi ada dua tahap nantinya, pertama adalah sekarang dan kedua nanti kalau tidak salah tanggal 14 Agustus kepala sekolah akan kita undang ke Jakarta,” jelas Dhani yang juga FungsionalUumum Subbid Program Dirjen Kemdikbud ini.

Adapun sekolah yang diseleksi dalam Lomba Tata Kelola Dana BOS adalah perwakilan masing-masing 2 sekolah untuk satu provinsi. Jika mengajukan semua, maka akan ada 68 sekolah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.
”Kita masih menunggu terus dari teman-teman provinsi lain yang juga melakukan seleksi. Kalau lancar maka tanggal 6 sudah mulai pengolahan di pusat,” tutur Dhani.

Wakil Wali Kota Batu, Punjil Santoso menjelaskan mengenai kriteria penilaian untuk tata kelola dana BOS diantaranya adalah terkait dengan RKA di sekolah, dan apakah BOS telah dipergunakan sebagaimana mestinya.
“Ada banyak yang dinilai nantinya, saat ini tim penilai masih bekerja untuk melihat-lihat fisik sekolahan. Termasuk nantinya adalah penggunaan BOS apakah sesuai dengan Juknis dan Juklaknya,” tegas Punjul.-