Pembahasan P-APBD 2017

Target PAD Sektor Pajak Naik Jadi Rp 352,5 Miliar, BP2D Optimis

Kepala BP2D Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT. (Istimewa)

MALANGVOICE – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak pada 2017 ini lsebesar Rp 315 miliar. Rencananya, target itu dinaikkan menjadi Rp 352,5 miliar pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun ini.

Merespon perubahan ini, progres positif ditunjukkan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Pada pertengahan triwulan ketiga tahun 2017, capaian rata-ratanya sudah mencapai di atas 78 persen.

Menilik indikator tersebut, Kepala BP2D Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT, optimis target Rp 352,5 miliar jika Perubahan APBD disahkan nanti, dapat tercapai pada waktu tutup buku 2017. “Bahkan bisa saja sebelum akhir tahun sudah melampaui target,” tuturnya optimis.

Keyakinan Ade bukan tanpa alasan. Pasalnya, selama empat tahun belakangan BP2D yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) memang selalu dapat memenuhi target dengan catatan memuaskan, bahkan selalu melampaui target dengan nilai progresif.

Kendati begitu, ini berarti pula pihaknya harus tetap bekerja keras menjalankan langkah-langkah intensifikasi maupun ekstensifikasi, serta terus memetakan potensi yang masih bisa digali. “Berbagai inovasi dan gebrakan akan terus kami geber hingga akhir tahun nanti,” seru Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya.

Mantan Kabag Humas Setda Kota Malang ini tak lupa mengapresiasi tingginya kesadaran masyarakat Kota Malang memenuhi kewajiban perpajakan daerahnya. Hal ini semakin memacu Ade untuk semakin meningkatkan produktivitas kinerja dan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh warga Kota Malang, utamanya para Wajib Pajak yang telah dengan penuh kesadaran memenuhi kewajibannya,” tandas pria yang juga dikenal sebagai musisi dan tokoh olahraga nasional ini.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yunus Zakaria