Tangkap Potensi, Kota Malang Bakal Miliki Asosiasi E-Sport

Ilustrasi e-Sport (istimewa)
Ilustrasi e-Sport (istimewa)

MALANGVOICE – Selangkah lagi, Kota Malang miliki Asosiasi E-Sport atau elektronik sport. Kota berjuluk Bhumi Arema ini diklaim memiliki seabrek potensi, utamanya di bidang olahraga elektronik tersebut.

Wakil Ketua Asosiasi E-Sport Kota Malang Dito Arief Nurakhmadi, mengatakan telah banyak komunitas E-Sport, klub dan tim E-Sport. Namun belum ada organisasi yang menaunginya secara resmi dan menginduk ke PB E-Sport dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Padahal, olahraga yang kini digandrungi generasi milenial itu telah menjadi cabor baru di KONI Pusat, dan pengurus PB E-Sport Indonesia sudah diakui KONI menjadi bagian dari salah satu Pengurus Cabor.

BNN Kota Malang

“Potensi E-Sport di Indonesia sangat luar biasa, karena marketnya sangat besar, pemainnya sangat besar, dan perputaran ekonominya juga luar biasa. Jadi Esport ini bukan hanya sebagai olahraga prestasi dan rekreasi, namun juga sudah bergerak menjadi profesi dan mata pencaharian,” kata Dito kepada MVoice, Selasa (25/2).

Kota Malang, lanjut Dito, dengan kultur masyarakat urban dan sebagai kota pendidikan, memiliki iklim yang sangat baik terhadap perkembangan E-Sport. Bahkan, banyak pemain profesional atau atlit E-Sport berasal dari Kota Malang mengikuti kejuaraan di level nasional hingga international.

Banyaknya kampus, banyak sarana pendidikan, Warnet dan fasilitas yang menunjang perkembangan E-Sport di Kota Malang menjadi kondisi yang sangat baik apabila ke depannya potensi E-Sport bisa dikelola dengan manajemen yang juga baik.

“Termasuk dalam hal manajemen organisasi yang menginduk kepada PB E-Sport,” ujar mantan anggota DPRD Kota Malang hasil PAW periode 2018-2019 ini.

Dito menambahkan, pengembangan potensi E-Sport dan pembinaan komunitas gamers sejalan dengan program pemerintah Kota Malang yang ingin mengembangkan ekonomi kreatif.

“Salah satunya pembuat aplikasi games lokal hingga komunitas gamers,” ujarnya.

Asosiasi E-Sport ini, lanjut dia, ditargetkan dapat diluncurkan atau dikenalkan secara resmi bertepatan dengan ulang tahun Kota Malang, April mendatang.

“Proses koordinasi juga terus berjalan. Rencana kita nanti launching bisa menghadirkan Pembina PB E-Sport langsung, Sandiaga Uno,” pungkasnya.(Hmz/Aka)