Tanah Longsor di Kota Batu Sempat Hambat Lalu Lintas

Sejumlah petugas saat menyingkirkan aliran lumpur yang menutup jalan raya. (Foto: istimewa)
Sejumlah petugas saat menyingkirkan aliran lumpur yang menutup jalan raya. (Foto: istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Derasnya hujan di Kota Batu menyebabkan terjadinya tanah longsor di Jalan Raya Arumdalu Songgoriti Rabu (29/1). Polres Batu, TNI serta BPBD Kota Batu bahu membahu menangani kejadian tersebut.

Dari informasi BPBD Kota Batu, curah hujan deras yang terjadi sejak siang tadi mengakibatkan beton penutup kali tengah di Songgoriti ambles.

Sehingga, manghambat aliran air sehingga debit air naik mencapai 30 centimeter sehingga material lumpur naik sekitar 10 centimeter ke jalan raya.

Akibatnya juga berimbas ke arus lalu lintas di jalan raya. Apalagi, jalan tersebut jalan utama untuk kendaraan yg mengambil jalan pintas dari arah Barat.

”Banyak kendaraan yang berhenti karena tidak berani melintas. Makanya, ini kami normalkan kembali jalan bersama TNI, BPBD, Tagana dan beberapa kompenen lainnya,” kata Kapolres Batu AKPB, Harviadi Agung Pratama.

Hinga saat ini, dia melanjutkan pihaknya bersama semua personel masih bekerja keras membersihkan jalan. Dengan harapan agar bisa kembali dilalui.

”Untuk saat ini, jalan sudah kembali bisa dilalui oleh kendaraan kembali. Jadi, tidak perlu khawatir lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, selain kejadian tanah longsor tersebut, kejadian bencana lainnya terjadi di Jalan Payung 3. Plengsengan penahan tanah longsor dan mengakibatkan tanah menumpuk dan menutup sebagian badan jalan.

Dengan adanya hal tersebut, ia mengimbau ke masyarakat jangan panik. Karena, semua personel sudah siap siaga menangani dan mengevakuasi masyarakat yang terdampak.

”Dengan catatan, apabila suatu saat terjadi bencana alam di wilayah Kota Batu dan menyebabkan warga terdampak,” jelasnya.(Der/Aka)