Tak Mau Tumbuh Uban? Baca Tips Ini

Ilustrasi Uban

MALANGVOICE – Munculnya uban bukan lagi karena usia sudah tua. Mereka yang masih muda pun bisa muncul uban. Tentunya, hal itu akan membuat rasa percaya diri berkurang.

Pemicunya rata-rata akibat stres yang dialami. Dan penyebab stres pun beragam. Salah satunya akibat padatnya aktivitas dan seringnya terpapar polusi.

Di sisi lain, tumbuhnya uban diusia muda juga akibat penggunaan pewarna rambut berbahan kimia. Maka dari, cobalah melakukan beberapa cara mencegah munculnya uban dengan menggunakan bahan-bahan alami.

BNN Kota Malang

Dilansir dari berbagai sumber. Ada lima bahan alami yang bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Kopi

Kopi tak hanya memiliki manfaat ketika dibuat minuman. Tanaman yang pertama kali ditemukan di Afrika itu berfungsi sebagai pewarna rambut alami.

Diketahui, ketika mengaplikasikannya pada rambut secara rutin. Hal itu dapat mencegah datangnya uban di usia muda.

2. Minyak Kelapa

Antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki banyak manfaat. Baik saat dioleskan kepada rambut maupun diminum. Diantaranya yaitu memperbaiki kerusakan rambut dan membantu tumbuh dengan sehat.

Selain itu juga dapat melancarkan peredaran darah jika diminum. Secara langsung dapat mempengaruhi kondisi rambut dan menjaga warna alami rambutmu.

3. Teh Hitam

Pewarna rambut alami yang juga bermanfaat untuk rambut yaitu teh hitam. Jika rutin mengonsumsinya dapat membantu tubuh memproduksi melanin lebih banyak. Dan melanin berfungsi agar uban tidak muncul lebih dini.

4. Jahe

Dibalik familiarnya jahe yang berfungsi sebagai penghangat badan. Ternyata, jahe juga memiliki manfaat sebagai pewarna rambut alami.

Diketahui, jahe dapat membantu kamu dalam mencegah tumbuhnya uban. Caranya dengan mengkonsumsi jahe yang dihaluskan sebanyak satu sendok teh. Kemudian dicampurkan dengan madu secukupnya.

Itulah beberapa pewarna alami yang membuat rambut sehat dan mencegah munculnya uban diusia muda. (Der/Ulm)