Tak Hanya Perempuan, Ini Tips Perawatan untuk Kaum Adam

Laki-laki memakai masker. (Foto : Istimewa)
Laki-laki memakai masker. (Foto : Istimewa)

MALANGVOICE – Siapa bilang merawat diri hanya untuk seorang perempuan. Saat ini, banyak laki-laki yang juga melakukan perawatan sebagaimana kaum hawa. Bahkan, dirasa merupakan hal yang penting.

Apalagi, beberapa fakta menyebutkan bahwa laki-laki yang punya kulit bermasalah khususnya wajah karena kurangnya perawatan. Misalnya wajah berminyak atau jerawatan.

BNN Kota Malang

Dan perlu diketahui, masalah itu tidak cukup hanya dengan mencuci muka. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber. Ada beberapa tips dan rekomendasi skin care (perawatan kulit) untuk laki-laki dalam mengatasi masalah itu.

1. Gunakan Toner

Penggunaan toner sangat penting untuk langkah pertama sebelum memakai skincare yang lain. Secara umum, toner berfungsi mengangkat kotoran seperti minyak dan sisa make-up yang tertinggal di kulit wajah.

Selain itu juga berfungsi menenangkan, menghaluskan dan mempersiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya. Misalnya untuk pemakaian serum atau cream.

Berbagai produk toner bisa digunakan. Tentu harga produknya beragam. Jenis produk yang biasa, rata-rata masih murah dengan harga sekitar Rp 20 ribu – Rp 50 ribu. Namun, untuk yang lebih bagus bisa mencapai Rp 140 ribu.

2. Gunakan Pelembap Muka

Menggunakan pelembap sangat penting. Terutama untuk laki-laki yang memiliki tipe kulit bermasalah dan sensitif terhadap cuaca. Apalagi hidup di Indonesia yang beriklim tropis.

Pelembap pun berfungsi untuk mengatur kelembapan kulit wajah. Salah satunya juga mengantisipasi terjadinya iritasi.

Saat ini sudah banyak beragam produk pelembap yang beredar dipasaran yang bisa digunakan. Dan harganya pun beragam. Mulai dari Rp 20 ribu – Rp 200 ribu.

Nah, dalam memilih dan memakai produk pelembap. Disarankan yang memang cocok dengan kulit. Karena setiap orang memiliki permasalahan berbeda.

3. Gunakan Sunscreen

Laki-laki identik dengan aktivitas di luar ruangan. Nah, untuk tipe kebanyakan ini. Pilihan terbaik untuk perawatan kulit adalah menggunakan sunscreen.

Sunscreen sendiri merupakan jenis skincare yang tak kalah penting setelah pelembap. Karena sangat berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan kerusakan.

Berbeda dengan pelembap, untuk produk sunscreen ini terbilang lebih mahal. Untuk harga produknya yang biasa berkisar Rp 120 ribu – Rp 140 ribu. Namun, itu bukan patokan. Ada beberapa produk yang bisa saja lebih mahal.

4. Gunakan Pencuci Muka

Penggunaan pencuci muka juga tidak kalah penting. Namun, perlu diketahui ada dua macam pencuci muka yang bisa digunakan dan memiliki kegunaan berbeda.

Pertama yaitu Facial Foam, pencuci muka jenis ini merupakan sabun muka yang berbentuk foam (busa). Jenis ini berguna untuk yang memiliki kulit berminyak dan acne prone (berjerawat). Karena teksturnya lebih lembut dan ampuh buat mengangkat minyak.

Kedua yaitu facial wash, pencuci muka jenis ini berbentuk gel. Sedangkan kegunaanya sangat bagus untuk yang memiliki jenis kulit kering. Kandungan facial wash ini mampu mengontrol kelembapan kulit.

Sementara untuk harganya pun juga beragam. Mulai dari di bawah Rp 30 ribu – Rp 150 ribu. Namun, kembali lagi disesuaikan pada kecocokan dan permasalahan kulitnya.

5. Gunakan Masker

Memiliki kulit bermasalah, penting juga untuk menggunakan masker sebagai tambahan. Jika, 4 hal yang dipaparkan tadi dirasa masih belum cukup. Apalagi masker punya banyak manfaat bagi kulit wajah.

Namun, penting juga untuk memilih jenis masker yang baik dan benar. Misalnya untuk yang memiliki banyak komedo. Pilihan masker yang tepat yaitu berjenis peel-off. Masker yang dipakai pada kulit wajah kemudian dikelupas kembali setelah kering.

Masker seperti ini cukup efektif mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, rambut wajah yang tidak diinginkan, memperbaiki warna dan tekstur kulit. Produk jenis ini cukup murah yaitu sekitar Rp 20 ribu.

Berbeda jika wajah memiliki tipe kulit yang berjerawat banyak. Pemilihan masker berbahan dasar organik adalah pilihan tepat. Meski harganya lumayan mahal yaitu berkisar Rp 50 ribu dan Rp 200 ribu.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi beberapa skin care yang bisa digunakan kaum adam. Intinya, laki-laki yang baik adalah mereka yang bisa dan pandai merawat diri sendiri.(Hmz/Aka)