Sutiaji Sebut UKM Kota Malang Belum Berkembang

Wali Kota Malang Sutiaji. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, Sutiaji menilai Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Malang hingga tahun 2018 belum ada perkembangan.

Ia menyatakan sejak tahun 2007, peningkatan UKM hanya sebatas kuantitas, sedangkan peningkatan kualitas masih jauh dari harapan.

“Sejak 2007 hingga 2018, UKM yang ada di Kota Malang selalu mikro saja tidak pernah naik kelas,” ujar Sutiaji dalam acara International Research Conference on Economics and Business di Hotel Savana Malang, Senin (22/10).

Sedangkan, dari data BPS kota Malang tahun 2007 jumlah UKM di kota Malang mencapai 156 unit. Sementara angka ini terus meningkat ditahun 2018 yang mencapai 113 ribu unit UKM.

Kendati demikian, untuk terus meningkatkan kualitas UKM di Kota Malang, ia telah memerintahkan kepada Dinas Koperasi dan UKM untuk merancang starting point. Nantinya, pemeritah dapat memantau kemajuan dan perkembangan dari UKM.

“2019 harus sudah mempunyai starting point yang jelas, Kepala Dinas juga harus bisa mengangkat yang mikro kemenengah dan yang menengah ke industri yang siap ekspor,” tegasnya.

Untuk mempersiapkan industri 4.0, UKM di Kota Malang juga secara konsisten diberikan pelatihan terkait pembuatan produk yang memiliki kualitas saing global.

“E-commerce juga akan terus kami bangun bersama, cost untuk pembuatan produk akan kami tekan. Namun perlu diingat, meski low cost tapi punya high kualitas,” pungkasnya.(Hmz/Aka)