Sutiaji Harapkan Rakernas APEKSI XV Bangun Kesepahaman Sikapi Isu Strategis

Pembukaan APEKSI 2022 di Padang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, Sutiaji menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV Tahun 2022, di Padang.

APEKSI tahun ini dibuka langsung Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Senin (8/8) di Hotel Truntum, Padang.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat membuka rakernas Mendag berpesan agar para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kolaborasi dan sinergi dalam inovasi dan menjamin stabilitas ketersediaan serta harga bahan pokok.

“Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsa tetap terjaga,” tambah Mendag.

Sementara itu Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengungkapkan tingkat kehadiran para wali kota se-Indonesia yang terbilang cukup tinggi dalam Rakernas kali ini sangat strategis untuk membangun kesepahaman dalam menjawab sejumlah isu strategis saat ini.

“Lebih dari 90 wali kota dari total 98 kota hadir ya. Jadi saya pikir ini momentum yang baik untuk kita memperjuangkan isu honorer/tenaga kontrak kaitannya dengan PPPK. Juga hal-hal terkait dinamika inflasi, kemandirian fiskal, pilpres, pileg dan pilkada”, urai Sutiaji kala ditemui di sela padatnya agenda Rakernas.

Pria yang gemar gowes ini menambahkan bahwa usulan dan pembahasan semua isu akan dikerucutkan dalam Pleno esok hari.  Ia berharap aspirasi pemerintah daerah nantinya bisa diakomodir oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.  Selain itu, dirinya turut mengapresiasi penyelenggara Rakernas kali ini.

“Kami mengucapkan apresiasi pada Apeksi Pusat dan Pemkot Padang.  Tadi disampaikan cost memang 14 miliar, tapi yang hadir 5000-6000 dari seluruh indonesia.  Efek dominonya bagi ekonomi, dari hotel, penerbangan, wisata, hingga UMKM luar biasa besarnya”, cetus Sutiaji.

Rakernas APEKSI XV Padang yang digelar pada 7-10 Agustus 2022 diisi 9 acara utama, 5 acara pendamping dan 1 special event.  Tema yang diangkat adalah Kota Kita Bangkit, Yang Maju, Yang Bersinergi.(der)