Sungai Rolak Tambah Destinasi Wisata Kota Malang

Wali Kota Malang Sutiaji meninjau Kampung Wisata Rolak Kedung Kandang. (Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Destinasi wisata Kota Malang kembali bertambah dengan hadirnya Kampung Wisata Sungai Rolak Kedungkandang. Pemkot Malang berharap warga sekitar menjaga dan merawat kebersihan sungai tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, hadirnya kampung wisata bakal membuat keberadaan Sungai Rolak lebih bersih lagi. Ia juga menyakini dampak positif wisata dapat dirasakan warga sekitar.

“Dengan begini, selain kampung ini akan menjadi lebih bersih; perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat,” ujar Sutiaji dalam keterangan tertulisnya.

BNN Kota Malang

Sutiaji juga berpesan agar masyarakat berkomitmen menjaga kebersihan sungai. Sebab, menurutnya, sungai menjadi salah satu daya tarik utama di lokasi wisata Rolak.

Paradigma baru terkait pemanfaatan dan pemeliharaan sungai harus menjadi poin utama masyarakat. Kelompok sadar wisata atau Pokdarwis sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kota Malang juga harus menanamkan kesadaran tersebut kepada masyarakat.

Perlu diketahui, Kampung Wisata Rolak bertempat di RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang.
Lahan wisata di wilayah Irigasi milik Provinsi Jawa Timur itu berada di atas Sungai Amprong atau biasa dikenal sungai Rolak, dulunya merupakan penempatan urugan pasir katel. Namun setelah mendapatkan persetujuan akan pengelolaannya, dari Dinas Pengairan Provinsi Jatim, kini oleh warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Malang, disulap menjadi lokasi wisata. (Der/Ulm)