Sumbermanjing Kulon Punya Dokter Kecil Hasil KKN 57 UMM

Kegiatan program dokter cilik. (istimewa)

MALANGVOICE – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 57 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menggelar pelatihan dan lomba dokter kecil di Sumbermanjing Kulon, Sabtu (4/8).

Wakil Koordinator Desa KKN 57, Sunu Dwi Sumbogo mengatakan, program ini menyasar siswa SD. Untungnya, kegiatan itu disambut baik siswa dan sekolah juga mendukung penuh.

Kegiatan program dokter cilik. (istimewa)

“Dokter kecil merupakan program kerja unggulan dari divisi kesehatan dan lingkungan KKN 57 UMM di bawah Dosen Bimbingan Lapangan (DPL), Aminudin dan Tim Pembimbing Lapangan (TPL), Rasyim,” katanya.

Kegiatan mengusung tema kesehatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal yang berbeda. Pada hari pertama pelaksanaan lomba, siswa memperagakan langsung bagaimana merawat luka, menangani pingsan, dan mimisan.

“Ketiganya dilombakan. Kami juga memberi materi kesehatan untuk siswa,” katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Helmi Uung Muharomi, menambahkan, program dokter kecil untuk memotivasi munculnya UKS di sekolah dasar dan terciptanya gerakan penyelamatan.

“Inisiatif ini muncul karena melihat kondisi langsung disekolah-sekolah dasar di desa Sumbermanjing Kulon, yang tidak memiliki UKS maupun P3K. Padahal paling tidak, ada kotak P3K yang berfungsi sebagai tindakan cepat tanggap darurat,” ungkap mahasiswi Fakultas Kedokteran UMM semester 7 tersebut.

Harapannya program dokter kecil dapat menginspirasi siswa mencapai cita-cita di bidang kesehatan, sekaligus memberikan wawasan pentingnya UKS di sekolah. (Der/Ulm)