Sosialisasi SIPD di Kota Batu Mulai Digencarkan Bappelitbangda

Situasi soialisasi SIPD oleh Bappelitbangda (Aan)
Article top ad

MALANGVOICE – Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) gencar disosialisasikan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Batu. Sistem ini dijalankan serentak seluruh Indonesia atas kebijakan Kemendagri.

Hari ini, Rabu (27/01) Bappelitbangda mengadakan sosialisasi di Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Setiap kecamatan akan bergantian diberikan pemahaman tentang SIPD sesuai jadwal yang ditentukan.

Kepala Bagian Pemerintah, Sosial dan Budaya Bappelitbangda Rizaldi mengatakan bahwa SIPD ini berfungsi untuk menampung hasil usulan tiap desa pada musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrengbangdes) melalui sistem yang tertata rapi.

“Ini istilahnya barang baru, dan terpusat, jadi hari ini kita masih sosialisasikan dan sama-sama belajar,” jelasnya. Rizaldi menekankan semua desa di Kota Batu harus memahami betul sistem SIPD agar semua usulan desa bisa terakomodir dengan baik.

“Untuk itu, karena ini pertama kalinya, yang kita undang hari ini bagian operator yang nantinya akan menginput usulan dari musrenbangdes kedalam sistem SIPD,” urainya.

Camat Kecamatan Junrejo, Dian Saraswati juga menambahkan adanya SIPD ini akan memudahkan dalam proses usulan desa ketingkat lebih atas lagi. Sepeti perihal verifikasi usulan karena tertata dan terkategori secara rapai.

“Jadi ini lebih praktis, dari desa akan naik ke kecamatan. Lalu tiap kecamatan akan memilah usulan yang akan diverifikasi dan disampaikan ke OPD, jadi kecamatan ini akan menjadi penyambung Antara desa ke OPD,” urai Dian.

Harapannya, proyek-proyek yg sudah disepakati untuk Musrenbangdes yg sekiranya tidak bisa di danai oleh Dana Desa akan berjenjang, kenaikannya ke OPD terkait. (Organisasi pemerintah Daerah)

“Misal masalah kesehatan, contohnya usulannya mengenai penanganan kesehatan stunting. Lalu secara sistematis akan masuk ke Dinas Kesehatan,” tandasnya.(der)