Soal Sertifikasi Profesi Teknik, Unmer Gandeng LSP Konstruksi Nusantara

Musyawarah DPC Askornas Kota Malang di Fakultas Teknik Unmer (Tika)
Musyawarah DPC Askornas Kota Malang di Fakultas Teknik Unmer (Tika)

MALANGVOICE – Universitas Merdeka (Unmer) Malang menjalin kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Konstruksi Nusantara, Kamis (30/3).

Wakil Rektor I, Prof Ir Respati Wikantiyoso MSA PhD, menjelaskan, tahap awal kerjasama ini akan menggelar training of traineer dan sertifikasi untuk instruktur, serta tenaga profesi.

“Nanti akan mendapatkan lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sasarannya nanti untuk bersaing dengan tenaga kerja asing (TKA). Era global, saingannya bukan hanya tenaga kerja dalam negeri saja,” beber dia saat ditemui usai penandatanganan kerjasama, di gedung Fakultas Teknik Unmer.

Respati menambahkan, saat ini Unmer sudah memiliki dua LSP, kewirausahaan dan produktivitas yang langsung dikelola oleh kampus.

Dia mengatakan, dengan‚Äč kerjasama ini, maka instruktur ataupun lulusan tidak hanya mendapatkan sertifikasi dari BNSP melainkan juga dari University Technology Malaysia (UTM).

“UTM yang memiliki link dan bisa memetakan kebutuhan tenaga kerja di Malaysia dan negara tetangga lainnya,” tegas dia.

Selain bekerja sama dengan LPS Konstruksi Nusantara, kegiatan hari ini juga diisi dengan musyawarah DPC Asosiasi Kontraktor Nasional (Askornas) Kota Malang.