Situs Perangkat Daerah Diretas, Diskominfo Kabupaten Malang ‘Lawan’ Hacker

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung. (Toski D)

MALANGVOICE – Situs Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali diretas, meski telah beberapa kali diperbaiki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang.

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung, mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih terus berusaha memulihkan situs OPD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang sempat diretas tersebut.

“Kami sudah coba untuk perbaiki. Meski halaman depan sudah dapat diakses, namun beberapa menu masih belum bisa,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Ferry juga mengatakan bahwa peretasan ini bukanlah kali pertama. Kejadian ini merupakan kesekian kalinya dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi di kemudian hari.

“Pernah terjadi pada tahun 2016 lalu, kami perbaiki dan bisa. Selanjutnya, terjadi lagi pada tahun 2018 yang kemarin itu bulan Desember. Namanya hacker itu istilahnya kejar-mengejar. Mereka bisa datang lagi,” jelasnya.

Meski telah berkali-kali diretas, tambah Ferry, pihaknya belum melaporkan kejadian peretasan tersebut ke pihak berwajib (Polres Malang). Sayangnya, Ferry tidak menjelaskan alasannya belum melaporkan kejadian peretasan tersebut pada pihak berwajib.

“Memang kami belum melaporkan ke polisi. Seperti yang saya sampaikan dulu, jika hacker pasti berniat jualan sistem, mereka sengaja nge-hack situs tapi meninggalkan nomor telpon agar dihubungi. Tapi ini tidak, intinya kami masih mencoba memperbaiki,” pungkasnya.

Hingga kini tim dari Diskominfo Kabupaten Malang masih terus berupaya untuk memulihkan kembali situs yang telah diretas. Diduga, para hacker ini masih berstatus sebagai orang yang coba-coba alias iseng. (Der/Ulm)