Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kota Batu

Siswa Luar Kota Dibatasi 5 Persen Perpagu

Daftar pagu PPDB online dan offline jenjang SMPN Kota Batu. (Abdul Aziz)

MALANGVOICE – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Batu untuk jenjang SMP pendaftarannya dimulai tanggal 13 Juni hingga 15 Juni mendatang. Dari total 8 SMP Negeri, hanya 5 membuka pendaftaran online.

Lima SMP yang membuka PPDB online dibagi dalam dua rayon. Untuk rayon I, adalah SMPN 1 Batu dan SMPN 3 Batu. Sedangkan rayon II, terdiri SMPN 2 Batu, SMPN 4 Batu dan SMPN 6 Batu.

Pendaftaran melalui online melalui laman, www.batu.siap-ppdb.com.
Pengumunan hasil seleksi dan pengolahan yakni, 17 juni dan 19 Juni untuk daftar ulang. Lalu untuk pemanggilan pendaftar cadangan pada 20 Juni.

Sekolah negeri yang membuka pendaftaran langsung alias offline diantaranya, SMPN 6 Batu, SMP satu atap Gunungsari dan SMP satu atap Pesanggrahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Dra Mistin mengatakan, tidak sepenuhnya sekolah membuka pendaftaran online tidak lain akibat keterbatasan sarana. Selebihnya, sekolah berada di wilayah pinggiran Kota Batu.

Sehingga hanya cukup diisi peserta didik tak jauh dari sekolah berada. “Persiapannya sudah 100 persen. Operator di setiap sekolah juga sudah dilatih,” kata Mistin ditemui MVoice di ruang kerjanya lantai III Balai Kota Among Tani, Rabu (31/5).

Sedangkan untuk pagu yang disiapkan setiap sekolah tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya.Sebab, menurutnya, menyesuaikan jumlah murid di sekolah masing-masing. “Dari tahun kemarin semua pagu yang ditentukan juga selalu terpenuhi,” sambung Mistin.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu menambahkan, untuk kuota siswa luar kota ialah 5 persen dari pagu setiap sekolah. Selain itu untuk siswa dari luar kota Batu wajib menyertakan hasil tes bahasa Inggris.

“Kalau siswa kota Batu tidak perlu, karena sudah ada ujian bahasa Inggrisnya di ujian sekolah,” pungkasnya.

Daftar pagu sekolah negeri di Kota Batu untuk PPDB 2017:
-SMPN 1 pagu berjumlah 300 dengan rombongan belajar (rombel) 10.
-SMPN 2 pagu berjumlah 300 dengan rombel 10.
-SMPN 3 pagu berjumlah 280 dengan rombel 10.
-SMPN 4 pagu berjumlah 210 dengan rombel 7.
-SMPN 5 pagu berjumlah 90 dengan rombel 3.
-SMPN 6 pagu berjumlah 180 dengan rombel 6.
-SMP satu atap Gunungsari pagu berjumlah 60 dengan rombel 1.
-SMP Satu Atap Pesanggrahan pagu berjumlah 30 dengan rombel ada 1.