Sinergi Peduli Ekologi Bersih-Bersih 7 Sumber Mata Air dan Penanaman Pohon

Suasana Keberlangsungan Kegiatan Sinergi Peduli Ekologi di Kota Batu. (Istimewa)

MALANGVOICE – Ungkapkan bentuk keprihatinan akan banyaknya musibah di Indonesia, komunitas di Kota Batu lakukan hal yang berbeda. Komunitas tersebut tergerak dalam ‘Sinergi Peduli Ekologi’ dengan bersih-bersih dan menanam pohon di 7 sumber mata air yang berada di Bumiaji, Minggu (13/1).

Bambang Afrianto, koordinator kegiatan, mengatakan kegiatan tersebut merupakan suatu wujud nyata kolaborasi antar komunitas. Kegiatan tersebut diadakan sekalian untuk merayakan hari ulang tahun ke-2 Batu Local Guides.

BNN Kota Malang

Gerakan tersebut dilakukan dengan tujuan menyatukan kesadaran bersama dalam Sinergi Peduli Ekologi. “Apalagi, di kota Batu ini kan yang mengaliri air di beberapa wilayah. Maka dari itu, kami buat kegiatan ini agar sumber di sini tetap terjaga kebersihannya,” jelasnya

Selain itu, Brian sapaan akrabnya mengungkapkan pelaksanaan kegiatan tersebut memang memilih di alam. Alasan diadakannya di alam karena merupakan sebagai wujud syukur masyarakat Kota Batu terutamanya Bumiaji agar tergerak untuk membuat kegiatan yang serupa di tempatnya masing-masing.

Ya, apalagi kegiatan ini termasuk dalam upaya menyelamatkan sumber air yang merupakan sumber kehidupan manusia. “Kalau tidak ada yang memulai. Siapa lagi? Oleh sebab itu, kami tidak mengadakan kegiatan ini di hotel maupun tempat lainnya,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan sejak pukul 07.00 WIB di antaranya ialah bersih lahan, bersih sungai dan selamatan di 7 sumber hingga taman teletubis. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi budaya di Omah Budaya Slamet, Bumiaji.

“Selain peduli dengan alam. Kita juga selipkan budaya di dalamnya dengan cara selamatan dan diskusi tadi,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh beberapa komunitas di Kota Batu dan Malang Raya. Di antaranya ialah Batu Local Guides, komunitas Sapu Bersih Sampah, Nyemplung Kali (Saber Pungli), Komunitas Baskomas Malang Raya, Komunitas Anak Desa Sumbergondo, pemuda dan Karang Taruna Bumiaji, Indonesian Culture, Backpaker Indonesia, Forum Karya Bunda, PKK Kota Batu, Malang Local Guides serta Explore Malang Raya dan lain sebagainya.

”Kalau dari di Pemkot Batu ada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu,” jelasnya.(Der/Aka)