Mutasi Pejabat Kota Malang

Siang Ini, Ratusan Pejabat Pemkot Malang Dimutasi

Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)
Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, bakal merotasi ratusan pejabat di lingkungan Pemkot, Jumat (30/12). Mutasi ini meliputi ratusan pejabat mulai eselon V hingga eselon II. Pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan bakal berlangsung siang ini di GOR Ken Arok.

Dari ratusan pejabat, ada 13 eselon II yang mengalami mutasi. Anton menyebut, mutasi ini sudah disesuaikan dengan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru berdasarkan sejumlah landasan, antara lain UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Saya sudah berkonsultasi dengan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta terkait ini,” ungkap Anton.

Informasi yang dihimpun MVoice, ada sejumlah spekulasi mutasi. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang kemungkinan dikepalai Hadi Santoso (saat ini Kepala Dinas Pertanian) atau Jarot Edy Sulistyono (saat ini Kepala DPU-PPB).

Sementara itu, Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman, bakal dikendalikan Wasto (saat ini Kepala Bappeda) atau Erik Setyo Santoso (saat ini Kepala DKP). Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, bakal dikepalai Joko Yuwono (saat ini Sekwan) atau Bambang Suharijadi (saat ini Kepala Disnakertrans).

Dinas Pasar yang bakal digabung menjadi Dinas Perdagangan, kemungkinan dikepalai Wahyu Setianto (saat ini Kepala Dinas Pasar) atau Tri Widyani (saat ini Kepala Disperindag). Dua nama terakhir itu juga dimungkinkan mengepalai Dinas Perindustrian yang mulai 2017 berdiri sendiri.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bakal dijabat Eny Hari Sutiarny (Staf Ahli) atau Mulyono (Staf Ahli). Dalam mutasi siang ini, dipastikan jabatan Kepala Satpol PP masih berupa plt.

“Nanti kami akan lelang jabatan untuk Satpol PP, siapa saja boleh ikut, termasuk TNI Polri,” imbuh Anton.