Serapan APBD Rendah, Pemkot Batu Klaim Akibat Banyak Jabatan Kosong

Article top ad

MALANGVOICE – Serapan APBD 2018 Pemkot Batu rupanya belum maksimal. Hingga semester pertama, banyak OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang serapannya tidak sampai 50 persen.

Data yang dihimpun MVoice, hingga akhir Juli 2018 ini serapan anggaran OPD di Pemkot Batu rendah. Terutama 5 OPD. Sehingga pemkot beri catatan khusus untuk OPD tersebut agar mengoptimalkan serapan.

OPD itu Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Penanggulangan Kebakaran, Dinas Kesehatan dan Bappeda. (Selengkapnya lihat info grafis)

Info grafis (Ulum)
Info grafis (Ulum)

Namun, ada OPD dengan serapan baik di atas 50 persen. Yakni Satpol PP, Dinas Pendidikan dan Diskominfo. Pemkot mengklaim rendahnya serapan APBD akibat beberapa kursi jabatan kasi (kepala seksi) kabid (kepala bidang) hingga kepala OPD kosong. Beberapa bahkan diisi pelaksana tugas.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membenarkan jika serapan anggaran di lingkungan OPD rendah. Dari total 38 OPD, 5 di antaranya mendapatkan catatan merah. Padahal seharusnya hungga akhir bulan Juli, serapan sudah mencapai 50-60 persen masing-masing OPD.

Karena itu ia meminta kepada seluruh OPD agar segera merealisasikan program-program yang telah dirancang agar serapan tidak rendah.

“Melihat serapan yang rendah ini kami meminta agar OPD segera melaksanakan program sesuai dengan rancangannya,” tutup politisi PDI Perjuangan ini.(Der/Aka)