02 April 2023
02 April 2023
21.5 C
Malang
ad space

Serahkan SK Pengangkatan Guru P3K, Dewanti: Pengajar Harus Jeli Membaca Dinamika Zaman

MALANGVOICE – Sebanyak 70 guru yang lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) menerima SK pengangkatan Wali Kota Batu. Prosesi penyerahan diberikan langsung Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Rabu (30/3).

Dewanti mengataka para guru P3K yan lolos seleksi P3K merupakan bagian dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu. Ia menekankan, agar mengedepankan profesionalitas dan kualitas.

“Maka harus lebih optimal lagi ketika sudah masuk menjadi ASN. Apalagi guru mengemban tugas menyelenggarakan pendidikan terbaik bagi anak-anak didik,” ujar Dewanti.

Menurutnya, para guru yang lolos seleksi P3K merupakan peserta terbaik. Sehingga para guru itu juga harus peka membaca dinamika zaman yang terus berubah. Terlebih saat ini, peserta didik sangat lekat dengan perkembangan teknologi di era disrupsi informasi.

“Maka pendidik masa kini juga harus update informasi. Selain itu yang terpenting, menyisipkan nilai moral kehidupan bagi generasi bangsa. Ilmu pengetahuan harus beriringan dengan ilmu kehidupan. Untuk itu, guru memiliki tanggung jawab sebagai teladan,” papar Dewanti.

Pengangkatan 70 guru itu merupakan tahap pertama dari pelaksanaan seleksi P3K tahun 2021 kemarin. Menyusul berikutnya akan digelar pengangkatan tahap kedua yang diikuti 34 peserta lolos seleksi.

70 guru P3K itu ditempatkan di jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP. Rinciannya guru agama Hindu, guru agama Kristen, guru agama Islam dan Bimbingan Konseling masing-masing 1 guru. Berikutnya 53 guru kelas dan 13 guru Penjasorkes.

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, M Nur Adhim mengatakan, di tahun 2021 lalu, Pemkot Batu mengusulkan 183 formasi guru P3K. Pengajuan usulan berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) Kemdikbudristek.

Kemudian usulan itu dikaji Kemenpan RB dan disetujui hanya 154 formasi guru P3K. Dari jumlah itu, total pendaftar mencapai 217 guru. Para peserta terdiri dari guru honerer, swasta maupun baru lulus pendidikan profesi guru (PPG).

“Penyerahan SK kepada 70 guru P3K ini masih tahap pertama. Nanti tahap kedua melantik 34 guru lolos seleksi. Karena masih menunggu nomor induk P3K. Baru nantinya diproses SK pengangkatan tahap kedua,” ujar Adhim.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait