Separuh Warga Batu Terima Uang Politik

MALANGVOICE – Politik uang dalam Pemilu, masih diminati oleh warga Kota Batu. Hal itu terungkap pada Diseminasi Riset Politik Uang Pemilukada Kota Batu oleh KPU Kota Batu, Rabu (5/8).
Dalam penelitian ternyata 44 persen warga Kota Batu yang menerima uang pada saat Pemilukada. ”Menerima uang dalam rangka politik lho ya,” ungkap Afin Kusani, Manajer PT Kualita Prima Indonesia, Alfin Kusani.

PT Alfin Kualita Prima Indonesia adalah lembaga yang melakukan riset pemilukada di Batu. Dikatakan Alfin, warga yang setuju dengan adanya politik uang sebesar 39 persen.
Sedangkan yang mengatakan bahwa politik uang dibutuhkan dalam peningkatan dukungan hanya 2 persen. 10 persen menjawab tidak tahu, dan yang mengatakan tidak sebesar 88 persen.

“Yang perlu diperhatikan malah, orang-orang yang menerima uang politik ini malah tidak memilih kandidat pemberi uang lho. Jadi kandidat atau parpol harus hati-hati, uang terlanjur dibagi tapi tidak terpilih,” kata Alfun.

BNN Kota Malang

Ditambahkan, sebanyak 52 persen orang tidak akan memilih kandidat pemberi uang, dan orang yang tetap memilih kandidat pemberi uang sebanyak 24 persen dan yang menjawab tidak tahu juga 24 persen.-