06 February 2023
06 February 2023
22 C
Malang
ad space

Semangat Ekonomi Kerakyatan Tumbuh Subur, Kota Malang Raih Nata Mukti

MALANGVOICE – Kota Malang kembali meraih penghargaan. Kali ini, giliran gelar penghargaan Nata Mukti dibawa pulang, atas keberhasilan pembinaan dan pengembangan koperasi di kota Malang.

Wali Kota Malang, HM Anton, menerima langsung penghargaan ini di sela forum International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Award 2017 di ballroom Kementerian Koperasi dan UKM RI, Selasa (28/11) malam. Dia bersyukur atas raihan ini.

“Setelah pagi mendapat penghargaan bidang kesehatan, malamnya kota Malang meraih penghargaan Nata Mukti bidang koperasi dan kewirausahaan. Ini luar biasa,” tandasnya.

Suami Hj Dewi Farida Suryani itu menilai, gelar ini teraih karena adanya dukungan, kerjasama serta kebersamaan langkah dari semua elemen yang ada di Kota Malang. Salah satu poin penting yang membuat penghargaan ini diraih adalah tumbuh kembangnya ekonomi kreatif serta kewirausahaan yang muncul di kampung kampung.

Presiden Markplus yang juga staf ahli khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Hermawan Kertajaya, menambahkan, kota/kabupaten harus mampu meng-enterpreuner daerahnya. “Pendekatan konvensional harus ditinggalkan. Daerah harus mampu mengembangkan strategi branding secara maksimal, serta langkah langkah kreatif dan inovatif harus ditumbuhkan,” imbuhnya.

Yang menarik di Kota Malang dan dinilai menginspirasi adalah semangat tumbuhnya ekonomi kerakyatan yang diinisiasi dari kehadiran kampung kampung tematik. Hermawan tak membantah hal ini.

“Saat saya berkunjung ke Kampung Warna-warni dan Glintung Go Green, yang saya nilai bukan hanya perubahan fisik lingkungan, namun ada energi perubahan sikap dan tindak warganya, termasuk tumbuhnya potensi ekonomi setempat,” paparnya.(Coi/Yei)

Berita Terkini

Arikel Terkait