Seks Mampu Bakar Kalori, Berapa Banyak?

ilustrasi seks. (Shape Magazine)
ilustrasi seks. (Shape Magazine)

MALANGVOICE – Berhubungan intim atau seksualitas ternyata mampu membakar kalori. Meski tak banyak, namun bisa terbilang lumayan, bukan?

Dikutip dari berbagai sumber, dari sebuah penelitian yang dilakukan University of Montreal berhasil mengungkap angka persis kalori yang mampu terbakar saat berhubungan seks.

Pria mampu membakar 100 kalori dan wanita sebanyak 69 kalori saat melakukan seks. Hal ini terhitung dari foreplay hingga 25 menit. Namun, kalori bisa saja berubah tergantung berapa lama waktu hubungan seks Anda dilakukan.

BNN Kota Malang

Bahkan para peneliti memerkirakan, pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

Hanya saja, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar pria selama berolahraga, sekitar 276 kalori.

Tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membakar kalori saat sedang seks. Hal ini diungkapkan oleh ahli kesehatan Nesochi Okeke-Igbokwe.

Okeke-Igbokwe menyarankan Anda untuk melakukan durasi seks lebih panjang atau mengganti posisi. Usahakan untuk menemukan cara yang tepat dan sesuai dengan pasangan Anda.

Meski seks tidak membakar kalori sebanyak olahraga, ada manfaat lain yang didapatkan dari seks. Apabila dilakukan secara rutin, maka membantu tubuh melawan penyakit serta meningkatkan kesehatan mental.(Der/Aka)