Sekolah di Malaysia Menimba Ilmu ke SLBN Batu

Mazlan saat diwawancari MVoice. (Anja)

MALANGVOICE– Rombongan pelajar luar biasa SMK Juasseh Malaysia mengunjungi SLB Negeri Batu, Senin (17/9). Puluhan pelajar yang didampingi guru dan juga walimurid ini tampak sumringah ketika disambut siswa SLB Negeri Batu dengan pertunjukan budaya seperti menyanyi dan musik. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko juga hadir dalam acara itu.

Kepala SMK Juasseh, Mazlan Bin Latief, mengatakan, kunjungan rombongannya untuk studi banding dan penandatanganan kerjasama dengan SLB Negeri Batu. Pihaknya melihat sistem pendidikan luar biasa di Indonesia memiliki poin lebih yang nantinya bisa diterapkan di Malaysia. Selain itu, pihaknya menawarkan adanya pelatihan dan pertukaran budaya Indonesia-Malaysia.

“Kami merancang program kerjasama mengenai pertukaran budaya dan juga metode pembelajaran dalam kelas luar biasa,” kata dia saat ditemui MVoice.

BNN Kota Malang

Mazlan menambahkan, kegiatan studi banding ke Indonesia ini juga menambah wawasan dan pengalaman tersendiri untuk siswanya. Selama ini, kegiatan studi banding hanya ada di dalam lingkup negeri Malaysia saja. Indonesia dinilai pihaknya sebagai negara yang kaya budaya dan menarik untuk dikunjungi.

“Pelajar kami bisa mendapatkan wawasan dunia luar seperti apa. Pelajar kami ajarkan untuk bisa mandiri juga,” katanya.

Mazlan terkesan dengan sistem pendidikan luar biasa di Indonesia. Mazlan menyebut salah satunya pengembangan potensi bakat minat pelajar berkebutuhan khusus di bidang seni dan budaya. Mazlan kagum saja, pelajar berkebutuhan khusus di Kota Batu ada yang bisa menyanyi dan melukis dengan baik.

“Ini pula yang saya tertarik dan apresiasi. Karena sekolah berusaha untuk menciptakan pandangan positif bahwa pelajar berkebutuhan khusus pun punya skill tak kalah dengan pelajar umu,” kata Mazlan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SLB Negeri Batu, Siti Muawanah Mariyam senang sekolahnya bisa dikunjungi pelajar asing. Tentunya pihak sekolah berharap kedepannya ada guru dan pelajar dari SLBN Batu yang berangkat studi banding ke Malaysia. (Hmz/Ulm)