Sejarah Berdirinya Negari Singhasari akan Ditampilkan di Candi Kidal

Penampilan seni jaranan sebelum acara puncak tari Topeng Panji Singhasari (istimewa)

MALANGVOICE – Paguyuban Damaputera Raharja akan menggelar pertunjukan perdana Sendratari Wayang Topeng Panji Singhasari, Senin (28/9), pukul 19.00 WIB, di Candi Kidal, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

Pergelaran ini memanfaatkan momen bulan purnama terbesar atau super harvest full moon (terakhir terjadi tahun 1993). Pergelaran sendratari ini juga merupakan acara puncak dari rangkaian pesta rakyat atau syukuran 3 hari 3 malam di Kidal.

Kelompok jaranan dan kelompok silat atau sakerah akan menampilkan atraksinya di Candi Kidal, yakni Jaranan Turonggo Putro Sabdo Wali & Anusopati Candi Rejo (ACR) dan Silat Sakerah & Jaranan Satriyo Anusopati.

BNN Kota Malang

Ketua Damaputera Raharja, Dita Maulina, menjelaskan wayang topeng Panji akan mencatatkan sejarah karena baru pertama kali boleh dibuka secara umum dalam bentuk tari.

“1ni adalah momen bersejarah dan istimewa, karena sejak Kerajaan Singhasari berdiri, kisah kebangsawanan Dinasti Singhasari, yang selama ini tertutup rapat, untuk pertama kalinya dibuka dan disajikan untuk umum,” katanya, Sabtu (26/9).

Damaputera Raharja dalam pentas ini ingin mengenalkan Candi Kidal yang selama ini jarang diketahui khalayak. Selain itu, pagelaran di Candi Kidal tidak menggunakan dana dari Pemerintah Daerah setempat “Kami berupaya ke depan terus melakukan kegiatan pagelaran seni di Candi Kidal meski tanpa bantuan Pemda,” paparnya.-