Sanusi Usulkan Dua Nama Bakal Wabup ke DPRD Kabupaten Malang

Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. (Toski D)
Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. (Toski D)

MALANGVOICE – Bupati Malang HM Sanusi mengusulkan dua nama yang akan mendampinginya dalam memimpin roda pemerintahan Kabupaten Malang.

Ketua DPRD Kabupaten Malang Gatot Didik Subroto mengatakan, pihaknya telah menerima usulan Bupati Malang, HM Sanusi tentang Calon Wakil Bupati Malang.

“Kami telah menerima usulan dua nama bakal Wabup Malang pada Jumat (27/9) lalu. Dua nama tersebut yaitu Mohamad Soedarman dan Abdur Rosyid Assadullah,” ungkapnya, saat dihubungi awak media, Senin (30/9).

BNN Kota Malang

Dua nama tersebut, lanjut Didik, sudah mendapatkan persetujuan dari partai politik (parpol) pengusung, yang saat itu ada beberapa parpol pengusung telah mengusung pasangan Calon Bupati (Cabup) Malang H Rendra Kresna dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang dan HM Sanusi, di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Malang 2015.

“Saat ini kami hanya bisa menampung saja. Kami belum bisa mengajukan pengusulan kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim), karena masih menunggu Tata Tertib (Tatib) Dewan di evaluasi oleh Gubernur,” jelasnya.

Sebab, tambah Didik, untuk mengusulkan nama Wakil Bupati Malang harus melalui beberapa tahapan, salah satu Tatib Dewan yang kini masih dalam proses evaluasi di Provinsi harus sudah disetujui oleh Gubernur Jatim.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati Malang berbeda dengan daerah lain. Karena Pak Sanusi sebagai Wabup Malang menduduki posisi Bupati Malang yang kosong. Sehingga ada dua keputusan yang harus ditetapkan, yaitu Bupati Malang Definitif, dan Wakil Bupati Malang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, latar belakang profesi kedua nama yang diusulkan Bupati Malang untuk menduduki jabatan Wakil Bupati Malang, yakni Mohamad Soedarman kini sebagai Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang. Sedangkan Abdur Rosyid Assadullah merupakan Wakil Ketua Pengurus Cabang Perguruan Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kabupaten Malang.(Der/Aka)