Saling Bersinergi, BI dan PWI Malang Raya Siap Bangkitkan UMKM

Suasana Silahturahmi secara virtual. (Toski D)
Article top ad

MALANGVOICE – Bank Indonesia (BI) perwakilan Malang Raya bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya sepakat bersinergi untuk membangun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Hubungan antara PWI dan BI Malang sudah terjalin dengan baik dan harmonis. Setiap kegiatan baik BI maupun PWI sama sama saling mendukung. Untuk pengurus yang baru ini kami ingin bersinergi bekerjasama utamanya untuk membangun UMKM secara baik sehingga bisa berkembang pesat yang tentunya dibutuhkan peran wartawan yang tergabung di PWI Malang Raya,” ungkap Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, Rabu (13/1).

Menurut Azka, saat ini sektor UMKM memiliki peranan strategis dalam mendukung perekonomian Indonesia baik dari sisi jumlah usaha, kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja serta peningkatan ekspor.

“Jika PWI dan BI saling bersinergi, maka dapat membantu UMKM agar bangkit lagi. Sehingga, kondisi ekonomi bisa cepat pulih seperti sebelum masa pandemi COVID-19,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Azka, diharapkan kedepannya PWI Malang Raya dan BI Malanh dapat bekerjasama lebih baik lagi untuk mengangkat kemajuan UMKM yang selama ini sangat mewarnai perekonomian Indonesia. Bahkan, ketika terjadi krisis ekonomi beberapa tahun lalu, UMKM masih eksis bahkan memiliki daya tahan luar biasa.

“Ke depan kerjasama kita harus lebih baik lagi. Terutama yang berkaitan dengan masalah peningkatan ekonomi. Khususnya UMKM, baik itu dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Karena pada masa pandemi COVID-19 kali ini tak ada sektor ekonomi yang tahan, UMKM pun juga kena dampak yang luar biasa,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono menyambut dengan antusias tentang program yang dicanangkan oleh BI Malang bersama PWI Malang Raya.

“Saya sangat setuju apa yang disampaikan Azka, dalam waktu dekat kami bersama pengurus akan bersilaturahmi untuk membicarakan kerjasama kedepannya,” ucapnya.

Apalagi, lanjut Cahyono, penjualan melalui platform digital diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk terus dapat memasarkan produknya dan bertahan pada saat kondisi pandemi ini.

“Salah satu upaya yang dilakukan BI Malang dengan menyelenggarakan kegiatan ‘Workshop UMKM On Boarding 2020’ yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 8 – 29 Mei 2020 silam sangat bagus dan perlu di dukung temen temen Media dalam hal ini PWI Malang Raya,” ulasanya.

Untuk itu, tambah Cahyono, dirinya berharap BI dapat membuat pelatihan yang bekerjasama dengan PWI Malang Raya untuk menggelar workshop untuk pelaku UMKM yang nantinya mampu membuat laporan keuangan dan memiliki akses ke perbankan, agar bisa meningkatkan pemasaran dan penjualan melalui media online di tengah pandemi COVID 19.

“Dalam pelatihan itu, kami akan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang untuk membantu UMKM bangkit dari keterpurukannya,” tandasnya.(der)