01 February 2023
01 February 2023
24.4 C
Malang
ad space

Rumah Veteran Rp 4,3 M Siap Huni, Akses Jalan Belum Bagus

MALANGVOICE – Tahun ini veteran Kota Batu boleh sumringah. Sebab, janji Pemkot membangun rumah khusus telah rampung.

Total ada delapan unit rumah yang dibangun dengan nilai anggaran Rp 4,3 miliar. Komplek rumah veteran ini berada di Jalan Sultan Hasan Halim, Sisir, Kota Batu. Sayang, jalan akses menuju ke lokasi masih belum sempurna.

Pantauan MVoice di lokasi, kondisi delapan rumah ini tampak luar terlihat bagus. Bangunan dengan luas kurang lebih 12 x 7 meter. Namun, untuk akses jalan masih belum bagus. Untuk menuju lokasi harus melewati jalan tanah (bukan aspal) kurang lebih 200 meter. Baru kemudian ada jalan paving sepanjang 100 meter.

Papan informasi yang tepasang di lokasi bangunan, tertulis 8 unit rumah itu dikerjakan kontraktor PT. Tectonia Grandis. Dengan waktu pelaksanaan pengerjaan sejak 15 Mei sampai 10 November 2017, dengan nilai proyek Rp 4,3 miliar.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu, M Dakkir, mengatakan, bahwa rumah untuk para veteran memang rampung pengerjaannya. Bahkan, sudah diserahkan ke bidang aset Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk dicatatkan sebagai aset Pemkot Batu.

“Sudah diserahkan dinas ke aset,” kata Dakkir.

Lantas, bagaimana sisa rumah dari total rencana pembangunan 24 unit. Apakah tahun ini akan dilanjutkan pengerjaan rumah para veteran tersebut. Pihaknya mengaku masih dalam tahap merancang desain rumah tambahan.

“Sekarang baru review desain,” jelasnya singkat.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruangan (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan, untuk akses jalan tersebut nantinya akan segera dibangun.

“Jalan menuju lokasi memang tidak jelas, masih tanah, dan licin saat hujan. Nantinya akan kami bangun jalan sampai menuju rumah veteran tersebut. Agar, lebih mudah aksesnya,” pungkas Alfi. (Der/Ery)

Berita Terkini

Arikel Terkait