RS Saiful Anwar Siapkan Gedung Khusus COVID-19, Khofifah: Penanganan Komprehensif

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengecek ruangan RS Saiful Anwar. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – RSUD dr Saiful Anwar Malang segera miliki gedung khusus penanganan COVID-19. Tujuannya agar pelayanan lebih komprehensif, sedangkan pasien non COVID-19 terproteksi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, RSUD dr Saiful Anwar Malang saat ini tengah disiapkan gedung khusus untuk penanganan pasien positif COVID-19. Gedung ini terpisah dari layanan kesehatan umum lainnya.

“Harapan kami, pasien lain tetap bisa terlayani, dan yang terjangkit COVID-19 juga terlayani. Pasien non-COVID-19 terproteksi, itu penting,” kata Khofifah, Kamis (18/6).

Khofifah melanjutkan, gedung khusus RSUD dr Saiful Anwar Malang bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terpisah dari ruangan penanganan pasien umum lainnya. Kapasitas tempat tidur berjumlah 92 pasien.

“Di sini disiapkan penanganan secara komprehensif. Artinya, pasien yang lain tidak perlu khawatir terkontaminasi dengan ruangan yang dipergunakan untuk penanganan COVID-19,” kata mantan Menteri Sosial ini.

“Pasien yang ingin mendapatkan pelayanan, bagi yang tidak terinfeksi COVID-19 sudah terproteksi, dengan adanya gedung khusus tersebut,” imbuhnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemkot Malang, tercatat ada 126 orang konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 45 orang dinyatakan sembuh, sembilan orang meninggal dunia, dan sisanya dalam perawatan.(der)