RS Lapangan Kota Malang Siap 98 Persen, Ini Fasilitasnya

Wali Kota Malang Sutiaji meninjau progres pembangunan RS Lapangan di Polkesma, Senin (14/12). (Aziz Ramadani MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Progres pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan di kawasan Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) Jalan Ijen itu telah 98 persen siap. Diperkirakan RS untuk penangan pasien Covid-19 itu dapat beroperasi, sepekan lagi.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan. RS Lapangan sangat dibutuhkan, khususnya untuk menangani pasien konfirmasi positif memiliki gejala ringan. Tujuannya agar tidak ada penyebaran di lingkungan atau klaster keluarga.

“Minggu depan mungkin sudah bisa beroperasi, sekarang tinggal general cleaning, saya lihat sudah 98 persen, sudah selesai,” kata Sutiaji kepada awak media.

RS Lapangan ini, lanjut dia, dilengkapi berbagai macam fasilitas supaya dapat meningkatkan imun tubuh pasiennya. Dicontohkannya setiap ruangan dilengkapi dengan smart TV. Kemudian area untuk olahraga. Total kapasitas RS Lapangan ini berjumlah 306 ranjang.

“Di sini tidak enak, tapi paling tidak bisa enjoy. Mudah-mudahan, (dengan fasilitas itu), bisa meningkatkan imun teman-teman yang dirawat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar dr Kohar Hari Santoso menambahkan, kapasitas rumah sakit lapangan tersebut bakal disiapkan secara bertahap, menyesuaikan perkembangan penambahan kasus Covid-19.

“Operasional akan kami lihat perkembangan, saat ini kesiapan sudah 98 persen, tinggal dibersihkan saja. Kami harap tidak sampai satu minggu rampung,” kata Kohar.

“Tenaga kesehatan sudah kami rekrut, dan mereka telah menjalani tes usap, dan kita berikan pelatihan. Sudah siap,” imbuhnya.(der)