Respon Keluhan Warga, Sutiaji Potong Kabel Semrawut

Wali Kota Malang Sutiaji potong kabel provider semrawut di Jalan Borobudur, Rabu (19/12). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang Sutiaji memotong kabel provider di sepanjang Jalan Borobudur, Rabu (19/12). Aksi ini merespon keluhan warga akibat semrawutnya kabel tersebut.

Didampingi Sekda Kota Malang Wasto dan Plt Kepala Disperkim Diah Ayu Kusuma Dewi, Sutiaji menanyai setiap perwakilan provider yang hadir. Saat salah satu kabel tidak ada kejelasan kepemilikan, Sutiaji tanpa basa -basi langsung memotong kabel menggunakan gergaji. Untuk menggapai kabel, politisi Demokrat itu harus menaiki mobil tangga yang telah disiapkan Disperkim.

“Bisa dilihat sendiri, ini (kabel) semua orang terganggu, baik itu pemandangannya dan keselamatan,” kata Sutiaji ditemui awak media di sela-sela kegiatan.

BNN Kota Malang

“Saya sengrek’i (potong) biar yang punya cari sendiri,” imbuhnya.

Langkah berikutnya, lanjut Sutiaji, pihaknya bakal memanggil seluruh provider. Namun, terpenting adalah menata urusan kabel di pinggiran jalan ini, akan segera dibuat peraturan wali kota (perwali).

“Dibuat perwali mengatur hal ini,
harapannya agar ditata rapi,” pungkasnya.

Terpisah, Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Dito Arief Nurakhmadi mengapresiasi inisiatif Wali Kota Malang Sutiaji. Sebab hal itu berkaitan dengan kepentingan estetika kota agar lebih nyaman dan aman bagi warga

“Dengan inisiatif dan cepat tanggap Pemkot kami apresiasi,” kata Dito.

Terkait rencana pembuatan perwali yang mengatur kabel provider pinggiran jalan, Dito berharap Pemkot Malang serius melakukan pendataan. Terutama kaitannya tata ruang permukiman. Serta tetap koordinasi dengan Pemprov berkaitan wewenang jalan.

“Sehingga tidak perlu saling menunggu untuk bertindak ketika ada pelanggaran. Perwali juga diharapkan mengatur perizinan, karena sifatnya komersial, agar tidak sembarang memasang kabel,” pungkas Politisi PAN ini.(Der/Aka)