Rayakan Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Batu Nobar Film Lima

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko usai nonton bareng Lima di Cinemaxx Lippo Plaza Batu, Jumat (1/6). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko punya cara unik merayakan Hari Lahir Pancasila. Dia mengajak pejabat dan ASN Pemkot Batu nonton bareng (nobar) film Lima di Cinemaxx Lippo Plaza Batu, Jumat (1/6).

Perlu diketahui Hari Kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni, Lola Amaria baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai produser di film terbaru dari Lola Amaria Production, berjudul Lima. Mengangkat dasar ke-lima sila dalam Pancasila, film ini menawarkan nilai patriotik dan nasionalisme yang disasarkan pada generasi muda.

Sutradara dalam film ini pun ada lima orang, yaitu Lola Amaria, Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Haryan Agustriansyah, dan Adriyanto Dewo. Masing-masing sutradara ini memegang dasar satu sila dalam Pancasila untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita.

“Memang pada zaman now lebih pas dengan cara seperti ini (film). Bagaimana aplikasi Pancasila salahsatunya toleransi antar umat beragama,” kata Dewanti kepada MVoice.

Film ini, lanjut dia, menjabarkan Pancasila di kehidupan sehari hari. Ini, menurutnya, sangat cocok untuk situasi dan kondisi saat ini. Agar anak muda lebih tahu Pancasila bukan hanya di awang-awang

“Bagaimana Pancasila dicerminkan aktivitas sehari-hari dan bergaul,” sambung dia.

Dewanti mengaku ide nobar tercetus spontanitas.

“Spontanitas saja, ada tayangan Lola Amaria dan lima sutradara menjabarkan nilai pancasila. Saya mengimbau anak-anak sekolah juga menonton ini,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kesempatan nobar Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan seluruh kepala OPD Pemkot Batu. (Der/Ery)