Rangkaian Peringatan HUT ke-75 RI di Kota Batu Tetap Digelar dengan Aturan Kemendagri

Ilustrasi tulisan HUT ke-85 RI. (Sabinus)
Article top ad

MALANGVOICE – Upacara peringatan HUT ke-75 RI akan tetap digelar Pemkot Batu dengan membatasi jumlah peserta. Keputusan akan tetap digelarnya tersebut berdasar instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Kesbangpol Kota Batu, Suliyanah mengatakan, karena masih pandemi Covid-19, peserta upacara hanya akan dihadiri jajaran Forkopimda Kota Batu.

“Kami ikuti sesuai surat Kemendagri. Maka yang ikut upacara hanya diikuti oleh Forkopimda. 10 dari petinggi Polri, dan 10 dari petinggi TNI,” ungkap Suliyanah.

Demikian hal dengan seluruh Kepala SKPD Kota Batu yang SKPD tertentu yang ikut, seperti Humas, Kesbangpol, dan Protokol. Ia menambahkan tidak semua kegiatan digelar secara langsung. Kegiatan virtual seperti mendengarkan pidato kenegaraan pada Jumat (14/8) di DPRD secara virtual. Kemudian, pada Minggu (16/8) upacara apel kehormatan renungan suci di TMP Suropati Kota Batu pukul 24.00 WIB.

Sementara pada Senin (17/8) pukul 07.00 WIB dilakukan Apel pagi di Balai Kota Among Tani. Setelahnya pukul 10.00 WIB mengikuti upacara proklamasi secara virtual.

Sedangkan untuk penurunan bendera digelar pukul 15.00 WIB juga secara virtual. Sementara kegiatan yang tidak digelar, adalah acara ramah dan pemberian insentif bagi veteran perang.

“Sebagai gantinya, Wali Kota Batu bersama Dinas sosial akan mendatangi satu per satu untuk menyerahkan insentif veteran,” ujar Suliyanah.

Kemudian berbagai perlombaan juga ditiadakan. Sedangkan petugas Paskibra yang akan bertugas hanya 8 orang yang pernah bertugas pada tahun 2019 lalu.

“Untuk tahun ini akan menggunakan anggota paskibra tahun 2019. Delapan orang ini nanti yang digunakan pada saat upacara pagi dan sore,” tandasnya.(der)