Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang Meninggal Dunia

Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang, KH Maftuh Said wafat pada Minggu (20/8) malam di kediamannya. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) tanah air. Ulama yang sangat dikagumi warga nahdliyin khususnya di Kabupaten Malang, KH Maftuh Said, berpulang Minggu (20/8) malam. KH Maftuh Said merupakan Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang.

Pengasuh Pondok Pesantren AL-Munawariyah, Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang ini, sebelumnya terbaring sakit dan mendapat perawatan di kediamannya. Kabar wafatnya KH Maftuh Said tersebar di berbagai grup WhatsApp.

Sebelumnya, sejak pukul 15.00 WIB, Minggu (20/8). KH Maftuh Said dikabarkan wafat dan informasinya menyebar dengan cepat. Namun, tak berapa lama kabar tersebut dibantah keluarga besar, bahwa Kondisi KH Maftuh Said berangsur membaik setelah sebelumnya terbaring sakit.

Namun, pada pukul 22.22 WIB kabar wafatnya KH Maftuh Said kembali beredar di grup WhatsApp. Ketua PCNU Kabupaten Malang, Dr Umar Usman, membernarkan kabar ini.

“Injih, beliau telah meninggalkan kami semua pada pukul 22.22 WIB,” katanya kepada MVoice, melalui pesan WhatsApp.

KH Maftuh Said rencananya dimakamkan pada Senin (21/8) sekira pukul 10.00 WIB. Dr Umar mengaku warga nahdliyin di Kabupaten Malang berduka. Baginya, KH Maftuh Said merupakan ulama yang memiliki perhatian tinggi pada jam’iyah.

Selain itu, KH Maftuh Said sangat rajin hadir disetiap acara majelis-majelis.

Bahkan, ketekunan dan istiqamah almarhum dalam membimbing santrinya menjadikan pondok yang diasuhnya berkembang pesat. Saat ini lebih dari 2.000 santri mengenyam pendidikan dan mondok di PP AL-Munawariyah.

“Banyak santri yang mau mondok dan ngaji ke beliau. Beliau sangat istiqamah dan perhatian ke jam’iyah sangat tinggi,” ungkapnya.

KH Maftuh Said lahir tahun 1950 dan wafat pada tanggal 20 Agustus 2017 atau wafat pada usia 67 tahun.


Reporter: Miski
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti