Putra Nababan dan Zelda Savitri Berbagi Tips Menjadi Jurnalis

Putra Nababan dan Zelda Safitri memberikan materi jurnalistik. (fathul/malangvoice)

MALANGVOICE – Pimpinan Redaksi Metro TV, Putra Nababan memberikan wawasan seputar aktivitas wartawan dalam program jurnalista, di Lapangan Bondes, Kota Batu, Jumat (2/10).

Dihadapan ratusan mahasiswa, Putra Nababan mengatakan, menjadi wartawan harus memiliki disiplin tinggi karena berkaitan dengan deadline. Selain soal disiplin, ia juga menekankan soal seni.
Menurutnya, seni mencari, memproduksi hingga penayangan berita bukan persoalan rutinitas tetapi lebih kepada profesionalitas yang tidak monoton.

“Dua hal ini harus digabungkan. Sehingga saya selalu menekankan, deadline oke tapi kualitas jelek, itu kegagalan. Kalau kualitas bagus tapi deadline kebobolan, juga kegagalan,” jelas Putra Nababan.

Selain Putra Nababan, presenter senior Metro TV, Zelda Savitri juga berkesempatan memberikan materi dalam acara bertajuk jurnalista tersebut. Ia berbagi tips cara menjadi presenter yang pintar, cerdas, dan juga sadar terhadap kamera.

“Tapi ingat ya, menjadi presenter bukan hanya camera face, itu nomor sekian. Karena yang kita utamakan adalah smart, kalau nggak smart dia akan kelihatan aneh di depan kamera,” tutur Zelda.

Di Metro TV, kata Zelda, persoalan penting lainnya adalah attitude atau sikap. Dalam setiap penerimaan presenter baru, attitude ini sangat dipentingkan. “Kemudian tujuan, tujuan elu apa jadi presenter? Ini penting juga,” tandasnya.-