Punya Jerawat Punggung? Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Back acne. (Top10homeremedies)

MALANGVOICE – Jerawat punggung bisa memengaruhi penampilan seseorang, khususnya bagi wanita yang senang berekspresi dengan busana off shoulder. Bahkan, meski terlihat biasa-biasa saja, apabila tersentuh atau tertekan, jerawat di punggung bisa menimbulkan rasa nyeri.

Ternyata jerawat punggung disebabkan karena beberapa faktor. Dimulai dari malas ganti pakaian, mandi yang kurang bersih, penggunaan deterjen dan pewangi yang kurang tepat, hingga terkena conditioner.

Nah, karena jerawat punggung sangat mengganggu penampilan, melansir berbagai sumber, berikut MVoice merangkum tips menghilangkan jerawat punggung dengan bahan alami.

1. Lidah Buaya

Sebuah studi di tahun 2008 telah menyatakan bahwa di dalam lidah buaya ada kandungan antimikroba, antiseptik, antibakteri sekaligus anti-inflamasi yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Bahkan karena kandungan sifat anti-jerawat di dalamnya, Anda bisa mengandalkannya untuk mencegah jerawat punggung muncul kembali secara efektif.

2. Kunyit

Di dalam kunyit, ada kandungan kurkumin yang siap menjadi antimikroba sehingga mampu membasmi bakteri secepat kilat. Anti-inflamasinya juga cukup tinggi sehingga dapat mengurangi inflamasi serta rasa sakit dan tak nyaman akibat jerawat tersebut.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel tentunya juga menjadi bahan alami yang bisa Anda andalkan ketika ingin menyembuhkan atau menghilangkan jerawat di punggung. Sifat antibakteri sekaligus anti-inflamasinya akan menyeimbangkan tingkat pH kulit juga sehingga kulit punggung bakal terbebas dari masalah kulit apapun.

4. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami, jika dikonsumsi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Memiliki sifat antibakteri sekaligus antibiotik, madu murni akan mengurangi gejala jerawat di punggung sekaligus mencegah infeksi.

5. Kantong Teh

Kantong teh juga bisa dijadikan penghilang jerawat punggung sekaligus bekas jerawat. Anda bisa menggunakan kantong teh hijau saja supaya lebih berkhasiat. Kantong teh bisa Anda potong dan isi daun teh hijau bisa Anda tuang ke dalam sebuah mangkok lalu ditambahkan gula, garam dan kayu manis masing-masing 1 sendok teh.

Setelah itu, tambahkan juga minyak kelapa secukupnya agar adonan pasta dapat terbentuk. Pasta inilah yang bisa Anda pakai untuk dijadikan obat dengan mengoleskannya ke bagian punggung. Ketika mengoles, pastikan Anda juga memijatnya selama beberapa menit. Sesudahnya, pakai air hangat untuk membasuhnya. (Der/Ulm)