Prosesi Nozzle Pora Antarkan Anggota Damkar Kabupaten Malang ke Pelaminan

Prosesi Nozzle Pora untuk mengantar Anggota Damkar Menikah. (Istimewa).

MALANGVOICE – Pemadam Kebakaran (Damkar) punya prosesi khusus dinamakan Nozzle Pora untuk mengantarkan anggotanya melepas masa lajang atau menikah.

Hal tersebut tampak saat anggota Damkar Kabupaten Malang menggelar Nozzle Pora untuk menghantarkan Andrianto, (23) dan Niska Dwi, (23) ke pelaminan, Senin (25/2)

“Saat ini, salah satu anggota kami di PPK Kabupaten Malang sedang melakukan pernikahan. Jadi kami ini sedang laksanakan prosesi Nozzle Pora,” kata Kepala Seksi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satpol PP Kabupaten Malang, Agus Suyanto.

BNN Kota Malang

Dalam prosesi Nozzle Pora ini, anggota mengawali secara simbolis dengan penjemputan pasangan pengantin tersebut naik ke mobil ke mobil PMK yang disambut dengan barisan satu kompi anggota berserai biru.

“Ini tradisi kita dan ingin kita terus laksanakan terus. Sebab, nozzle ini merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menyemprot air yang digunakan petugas PMK,” jelasnya.

Perlu diketahui, kegiatan nozzle pora ini melibatkan tiga unit mobil damkar dari Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Warga Dusun Jambu Pandanmulyo, Tajinan yang berada di sekitar lokasi pelaminan sempat heboh dan terheran-heran, lantaran mobil PMK tersebut berjalan pelan tak seperti biasanya yang selalu melaju kencang menuju tempat terjadinya kebakaran.(Der/Aka)