Produk Penelitian UB Sudah Diimplementasikan untuk Umum

Rektor UB, M Bisri (deny)

MALANGVOICE – Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof M Bisri, mengatakan, produk penelitian yang akan dipamerkan di Riset Inovasi Teknologi (RiTech), Rabu besok, sudah diimplementasikan di instansi dan pabrik industri.

Ia menyebut, ada beberapa produk yang dipamerkan, antara lain kit pendeteksi diabet, alat peringatan dini bahaya banjir dan tsunami serta olahan bahan pangan. “Meski baru pertama kali, sudah merasa senang dengan bergabungnya industri,” katanya, siang tadi.

Sementara Ketua Pelaksana RiTech, Ahmad Sabaruddin, menjelaskan pihak kampus memberi anggaran hingga Rp 30 miliar terkait riset dan penelitian. Namun, bantuan anggaran itu tidak serta merta digunakan begitu saja dan harus ada imbal balik.

BNN Kota Malang

“Dengan dana riset sebesar itu, peneliti harus bisa mandiri. Caranya dengan membuat produk baik untuk dijual. Akhirnya kampus dan peneliti sama-sama untung,” jelasnya.

Ia berharap daya saing produk penelitian di UB terus meningkat karena lebih dari 50 perusahaan yang memberikan dana CSR terhadap pengembangan produk.

“Besok ada banyak macam produk seperti herbal dan teknologi nano yang dibuat dari Teknologi Pertanian, MIPA, kedokteran, dan pertanian, bakal bersaing,” tutupnya.