Polresta Makota Segera Launching Jogo Ngalam

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata. (deny rahmawan)
Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata. (deny rahmawan)
Article top ad

MALANGVOICE – Polresta Malang Kota serius menciptakan aplikasi baru untuk mempermudah pelayanan. Aplikasi ini diberi nama Jogo Ngalam.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, mengatakan, aplikasi ini akan segera dilaunching dalam waktu dekat.

“Ada soft launching dulu setelah tim IT memaparkan aplikasi ini secara internal. Ya pokonya di Januari ini,” kata Leo, sapaan akrabnya.

Dalam aplikasi Jogo Ngalam ini nanti akan tersedia beberapa fitur pelayanan. Dijelaskan Leo, fitur itu antara lain pelayanan SKCK, laporan polisi, fitur pelatihan praktik teori SIM, proses kehilangan, dan pengaduan.

“Nanti ada kemudahan dalam pelayanan. Seperti mengurus SKCK sudah tidak perlu antre, tinggal mengisi data di aplikasi kemudian mendapat barcode yang bisa di-scan di mesin sehingga keluar data fisiknya,” katanya.

Selain itu ada juga layanan panggil cepat polisi Panic Button on Hand yang sukses jadi pelopor di seluruh Polres se Indonesia.

Menurut Leo, aplikasi ini sukses digunakan di Surabaya saat ia menjabat sebagai Wakapolrestabes Surabaya dengan aplikasi Jogo Surabaya. Kesuksesan itu ingin ia bawa di Malang karena kondisi tak jauh beda dengan Kota Pahlawan itu.

“Mudah-mudahan menjadi kebutuhan masyarakat Malang dan daerah lain. Kalau punya keluarga di sini bisa digunakan aplikasi itu,” tandasnya. (Der/Ulm)