05 February 2023
05 February 2023
21.6 C
Malang
ad space

Polinema Kirim Lima Tim Robot di Ajang KRI Nasional 2022

MALANGVOICE – Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengirim lima tim robot untuk melaju ke ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2022.

Kelima tim itu adalah ABUROBONEMA dari Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),  ROBOSAREMA dari Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI),  BOTEMA dari Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI),  ROBSONEMA dari Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan AROC_PL dari Divisi KRSBI Humanoid.

Ajang ini adalah kompetisi tahunan mahasiswa pada bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Tahun 2022 ini merupakan penyelenggaraan KRI ke-20. 

Tim robot Polinema. (istimewa)

Dosen Pembimbing tim ABUROBONEMA, Ir. Totok Winarno, MT., mengatakan tim inti terdiri dari enam mahasiswa yang didukung oleh beberapa kru mahasiswa.

“Persiapan tim sudah dilakukan sejak bulan Desember. Kami berharap setelah di tahun 2021 ABUROBONEMA meraih Juara III di KRI Nasional, di tahun 2022 ini ABUROBONEMA minimal dapat meraih Juara II,” ujarnya.

Herwandi, ST., MT., Ketua Tim Robot POLINEMA, mengatakan, pada ajang KRI Tingkat Wilayah ABUROBONEMA (KRAI) berhasil meraih Juara III dan AROC_PL (KRSBI Humanoid) meraih Juara Harapan.

“Saat ini seluruh tim yang akan bertanding di KRI Tingkat Nasional sedang melakukan persiapan dan evaluasi agar dapat tampil maksimal. KRI Nasional akan diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tanggal 29 Juni – 3 Juli 2022,” jelasnya.

Herwandi, menambahkan, KRI Tingkat Wilayah dilaksanakan secara online. Tim robot Polinema bertanding di beberapa arena yang ada di gedung Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Elektro. Mahasiswa yang tergabung dalam tim tobot POLINEMA adalah gabungan mahasiswa Prodi jenjang D-III dan D-IV dari beberapa Jurusan.

“Diharapkan tim robot POLINEMA berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik di KRI Nasional,” tutup Kaprodi D-III Teknik Elektronika ini.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait