PKL di Batu Masih Bandel

Andono Joyo. (fathul/malangvoice).

MALANGVOICE – Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Batu masih belum sadar menjaga kebersihan lingkungan sekitar, meski sudah diberikan peringatan oleh Satpol PP.

Bahkan, beberapa PKL sengaja bekerja sama dengan Juru Parkir untuk menggunakan lahan parkir sebagai tempat jualan.

“Masih banyak PKL yang membandel serta tidak memperhatikan kebersihan,” ungkap Kepala Seksi Ketertiban Umum dan Ketentaraman Masyarakat Satpol PP Kota Batu, Andono Joyo, kepada MVoice, Sabtu (22/8).

BNN Kota Malang

Adapun tempat-tempat yang hingga sekarang masih banyak PKL, kata Andono, adalah sekitar alun-alun, Jalan Gajahmada, Jalan Diponegoro, Jalan Kartini, dan sekitar Pasar Batu.

“Kami berkali-kali mengingatkan, biasanya kalau ditertibkan mereka akan berhenti jualan, lalu dua atau tiga hari kemudian balik lagi,” tambahnya.

Andono menjelaskan bahwa untuk menertibkan PKL yang bandel bukan perkara mudah. Maka dari itu, pihaknya selalu melakukan penertiban dengan komunikasi terlebih dahulu.

“Kita ini menegakkan Perwali, nah di alun-alun kan gak boleh orang jualan sesuai Perwali. Sekarang ada beberapa PKL yang kita tangani dan sidang pada 26 Agustus,” tutup Andono.-