Pjs Wali Kota Malang Ingin Percepat Pembangunan Tol Mapan

Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi. (Muhammad Choirul)
Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, ingin mempercepat pembangunan tol Malang – Pandaan (Mapan). Rabu (21/2) pekan depan, pihaknya menggelar pertemuan dengan Jasa Marga untuk membahas masalah ini.

“Kami ajak Jasa Marga memberikan paparan, dan bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait supaya apa – apa yang bisa dibantu Pemkot Malang untuk mempercepat pembangunan tol Mapan,” tandasnya.

Dia juga mengusulkan agar pembangunan tersebut dimulai dari dua titik. Artinya, selain dibangun dari kawasan Pandaan, seiring dengan itu juga dilaksanakan pembangunan dari wilayah Malang.

BNN Kota Malang

“Kami usul kalau bisa dimulai lebih dari satu titik kenapa dimulai hanya satu titik. Pembangunan jalan tol itu tidak harus dari Pandaan, kalau bisa dua arah itu lebih baik. Misalnya dimulai dari Malang juga, selain Pandaan, sehingga ketemu titik tengah,” paparnya.

Wahid Wahyudi menegaskan, percepatan pembangunan tol Mapan merupakan prioritas. Sebab, lanjut dia, keberadaan tol tersebut amat dibutuhkan Kota Malang sebagai akses utama dalam berbagai bidang, termasuk lalu-lalang ekonomi.

Sejalan dengan itu, tol tersebut juga dinilai efektif mengurai kemacetan. Sementara itu, terkait kepadatan arus lalu lintas di Kota Malang sendiri, dia juga memiliki solusi, yakni optimalisasi penyediaan angkutan umum.

“Selain rekayasa lalu lintas, penyediaan angkutan umum harus memadai. Artinya penyediaan angkutan umum harus baik, sehingga bisa diminati masyarakat. Kondisi kendaraan bagus, pelayanan bagus, door to door, dan nyaman, intinya itu,” pungkasnya. (Coi/Ery)