Pesmaba UMM Teguhkan Karakter Kebangsaan

Pesmaba UMM. (Anja Arowana)

MALANGVOICE – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga menggelar Pengenalan Mahasiswa Baru (Pesmaba) 2017, Senin (4/9), di Dome UMM. Gelaran orientasi ini akan digelar sampai tanggal 6 September 2017.

Rektor UMM, Drs Fauzan mengatakan, Pesmaba kali ini mengusung tema Meneguhkan Karakter Kebangsaan untuk Indonesia Berkemajuan dan Bermartabat. Fauzan memberi pesan, mahasiswa baru tidak cuma mengenal UMM secara fisik saja, tapi juga harus mencoba menginternalisasi perasaan mental dan ideologi menjadi satu dengan UMM.

Fauzan melanjutkan, materi Bela Negara perlu diberikan kepada maba karena mahasiswa merupakan generasi penerus pemimpin bangsa sehingga cinta tanah air sudah terpupuk bagi genersasi muda pada waktu mengenyam dunia pendidikan.

BNN Kota Malang

Selain itu, kata Fauzan, mahasiswa harus memiliki integritas kepribadian Pancasila, memiliki mental yang kokoh, dan jiwa yang pantang menyerah.

”Mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan,” tukasnya.

Untuk diketahui, ada total 24 ribu pendaftar di UMM. Namun hanya 7.600-an saja yang diterima. Artinya, mahasiswa UMM merupakan mereka yang terpilih dan terbaik. Selain itu, Pesmaba 2017 diikuti mahasiswa asing dari 16 negara, yaitu Afganistan, Cina, India, Jepang, Jerman, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Libya, Malaysia, Polandia, Rusia, Sierra Leone, Sudan, Thailand, dan Vietnam.(Der/Yei)